FG “Dikeroyok” 5 Fraksi Dukung Hatta Penjabat Wali Kota Parepare

PAREPARE, timeberita.com – Muhammad Hatta didukung oleh lima Fraksi untuk mengantikan Taufan Pawe sebagai Wali Kota Parepare yang berakhir 31 Oktober 2023.

Hatta mendapat dukungan dari lima Fraksi yaitu Fraksi NasDem, Fraksi Demokrat, Fraksi Gerindra, Fraksi Persatuan Bintang Demokrasi, dan Fraksi partai Fraksi Fajar Indonesia.

Sedangkan Fraksi Golkar (FG) mengusulkan Muhammad Husni Syam dan dr Renny Anggraeni untuk menjadi penjabat wali kota Parepare.

Pertarungan Fraksi Golkar untuk meloloskan calonya harus bekerja keras melawan lima Fraksi yang mengusulkan satu calon tunggal.

Apakah Fraksi Golkar tunduk pada lima Fraksi atau lima Fraksi ini justru tunduk sama FG tergantung siapa yang kuat di pusat untuk melobi Kemendagri.

Jika FG yang lolos calonya maka kekuatan Golkar akan besar di pemerintahan termasuk kantong-kantong suara akan relatif meningkat.

Tetapi jika usulannya lima Fraksi ini lolos menjabat maka peluang Golkar untuk menguasai suara di kursi DPRD 2024 mendatang sangat sulit. Fraksi Golkar harus bekerja keras melawan lima Fraksi untuk meloloskan calonya.

Wakil ketua I DPRD Parepare, Tasming Hamid membenarkan jika Muhammad Hatta didukung lima Fraksi termasuk fraksinya Nasdem mendukung penuh Hatta untuk menjabat wali kota.

“Sudah ada tiga nama yang lolos dan akan ditetapkan oleh DPRD,”jelas legislator Nasdem ini.

Senada diungkap wakil ketua II DPRD Parepare, Rahmat Sjamsu Alam, bahwa fraksi Demokrat hanya tunggal calonya yaitu Hatta.

Fraksi Demokrat memilih Hatta karena pengalamanya dibidang pemerintahan, sehingga sangat layak Hatta duduk menjabat Wali Kota Parepare hingga akhir Oktober 2024 mendatang.”fraksi Demokrat mengusulkan Muhammad Hatta untuk menjabat sebagai Wali Kota Parepare hingga masa 2024,”kata legislator Demokrat ini.

Yusuf Lapanna juga menegaskan bahwa Muhammad Hatta dia usung karena pengalamanya di pemerintahan sehingga fraksi Gerindra mengusulkan Muhammad Hatta menjabat Wali Kota,”kami fraksi Gerindra mengusulkan Hatta sebagai penjabat Wali Kota Parepare,”kata legislator Fraksi Gerindra ini.

Sementara FG yang dihubungi belum memberikan keterangannya soal calon yang diusulkan tersebut.

Direktur LSM IKRA Parepare, Nuzul Qadriy mengatakan siapapun penjabat wali kota Parepare yang di SK-kan oleh Mendagri maka harus bersikap netral dalam pemilu dan pilkada nantinya.

Terutama penjabat Wali Kota nanti haru lebih fokus melayani masyarakat kota Parepare bukan melayani partai.”saya harap penjabat wali kota harus lebih fokus melayani masyarakat bukan melayani partai,”jelasnya.

Nuzul menuturkan bahwa ia lebih cenderung kepada usulan fraksi Golkar karena kinerjanya selama ini melayani masyarakat Parepare sudah teruji. Terutama dr Renny Anggraeni direktur RSU Andi Makkasau Parepare. (**)