Tim Gugus Covid-19 Awasi 243 TKI Malaysia Tiba di Parepare

PAREPARE,TIME BERITA .com -Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Deportan dari Malaysia akan diberangkatkan menuju Pelabuhan Nusantara, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, menggunakan KM Thalia.

Sebanyak 243 TKI Deportan itu ada 185 di antaranya merupakan warga Sulsel, 26 warga Sulawesi di luar Sulsel, 24 warga NTT, 4 warga NTB, dan 4 warga Jawa Timur.

“Sore ini Rabu (03//06/2020) akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tunon Taka, Nunukan, ke Pelabuhan Nusantara Kota Parepare, dan akan tiba di Pelabuhan Nusantara pada Jumat (05/06/2020) pagi.

Sebanyak 243 orang TKI Deportan, 185 di antaranya warga Sulsel,” ujar Kadis Perhubungan Kota Parepare Iskandar Nusu saat dihubungi, Rabu (3/6/2020).

Iskandar menambahkan, saat ini pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dalam rangka permintaan penjemputan warga masing masing pemerintah kabupaten dan pemerintah kota luar sulsel.

“Sementara untuk warga luar Sulawesi akan langsung dijemput oleh UPT Badan Perlindungan Pekerja Imigran Indonesia dan akan ditampung di Makassar,” Katanya.

Dihubungi terpisah. Syamsu Latanro Pimpinan PT Citra Niaga Mandiri, yang juga pemilik KM Thalia mengaku saat ini tengah melakukan persiapan untuk memberangkatkan para deportan yang menjadi penumpang di kapal miliknya.

“Kemarin kapal tiba di Nunukan, semua ABK di-rapid test oleh KKP Nunukan dan hasilnya semua non reaktif, dan dinyatakan steril,” jelas Syamsul.

“Semua dek kapal dilakukan penyemprotan dan dianggap bahwa kapal dalam steril dan siap menerima penumpang, sama dengan 88 orang Deportan sebelumnya, tempatnya kita sudah siapkan berada pada dek bagian atas dan kita isolasi tempat tersebut hingga sampai di pelabuhan Parepare,” ujarnya.

Syamsul juga mengatakan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nunukan telah melakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan di Kapal hingga siap diberangkatkan ke parepare. (***)