Muhammad Zaini Pengusaha Sukses di Papua, Siap Bertarung Pilwakot

Hari Ahad tanggal 31 Maret 2024 yang lalu H. Muhammad Zaini (HMZ) Pengusaha sukses dari Papua kelahiran Parepare yang juga ketua alumni SMP Negeri 4 dan SMA PGRI Parepare dan Ketua Pembina DPD HIKMA Parepare, mendaftarkan diri di salah satu Partai untuk berkontestasi di Pilkada Parepare pada bulan November 2024 yang akan datang.

by : Parman Farid
by : Parman Farid

Sebagai alumni SMP Negeri 4 dimana beliau jadi ketua alumni apalagi       kebersamaan itu juga di HIKMA karena beliau sebagai Ketua Pembina di DPD   HIKMA Kota Parepare, sebagai akademisi yang biasa di Partai Politik saya   tentunya tidak melewatkan momen ini, minimal untuk mengetahui dan   mencoba  melakukan analisis kelebihan beliau jika dipercaya masyarakat   Parepare nantinya untuk menjadi Walikota, dari moment tersebut saya sempat   mengekplore apa sesungguhnya yang beliau harapkan dari keseriusan beliau   untuk maju di Pilkada, yang tadinya saya berpikir dengan standar saya bahwa   asset atau kekayaan yang dimiliki oleh beliau yang begitu banyak, untuk apa lagi   masuk di dunia politik.

Saya mencoba meminta waktu beliau sebagai seorang pengusaha sukses untuk
berdiskusi tentang keinginan untuk maju di Pilkada kali ini. Dari diskusi tersebut  ternyata banyak hal yang beliau mau lakukan jika sekiranya dipercaya untuk memimpin Parepare dan yang saya tangkap dari diskusi tersebut adalah, bahwa Ketika memutuskan untuk mencalonkan diri dan berhasil menjadi walikota, hal ini dapat membawa sejumlah dampak positif bagi kota dan warganya.

Berikut adalah beberapa dampak positif yang mungkin terjadi : Pengusaha itu biasanya terbiasa dengan inovasi dan penerapan teknologi terbaru untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas. Ini bisa diterjemahkan ke dalam pemerintahan kota dengan pengenalan sistem dan proses yang lebih efisien, mengurangi birokrasi dan meningkatkan pelayanan publik.

Keberhasilan dalam dunia bisnis berarti beliau memiliki kemampuan pengelolaan keuangan yang kuat. Sebagai walikota, mereka dapat menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan yang baik untuk anggaran kota, menghasilkan lebih banyak nilai dari sumber daya yang tersedia, dan mengurangi pemborosan.

Bahwa memiliki jaringan kontak yang luas dan kemampuan untuk menggalang dana. Hal ini bisa sangat bermanfaat untuk proyek-proyek pembangunan kota, baik melalui investasi langsung atau melalui kerjasama dengan sektor
swasta.

Dengan pengalaman dan pemahaman tentang dunia usaha, Beliau menjanjikan akan menciptakan lingkungan yang lebih kondusif untuk investasi. Hal ini dapat menarik investasi baru yang menciptakan pekerjaan, meningkatkan ekonomi lokal, dan meningkatkan kualitas hidup warga yang selema ini menurut beliau kurang diperhatikan.

Beliau juga menjanjikan akan fokus pada hasil dan mencari solusi praktis untuk masalah. Pendekatan ini bisa sangat
bermanfaat dalam menghadapi tantangan perkotaan, dari perbaikan infrastruktur hingga penanganan masalah sosial.

Melihat keberhasilan beliau dalam dunia usaha bisa dipahami bahwa beliau adalah pemimpin yang berorientasi pada aksi, yang tidak takut mengambil keputusan penting dan bergerak cepat untuk menerapkan perubahan dan hal ini dapat menyegarkan dalam pemerintahan, di mana proses pengambilan keputusan sering kali lamban dan terhambat oleh birokrasi.

Dengan peningkatan efisiensi pemerintahan, pengelolaan keuangan yang lebih baik, dan iklim investasi yang menguntungkan, kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan dapat meningkat. Ini dapat mencakup peningkatan akses ke layanan kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur yang lebih baik.

Akhirnya bahwa keberhasilan seorang pengusaha sukses sebagai walikota sangat bergantung pada kemampuan mereka untuk menyesuaikan keahlian dan pengalaman mereka dalam bisnis dengan kebutuhan dan tantangan unik yang dihadapi oleh pemerintahan kota.

Hal ini membutuhkan komitmen untuk melayani kepentingan publik dan kemampuan untuk bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan dalam masyarakat dan isnsya Allah jika masyarakat memberikan kepercayaan hal tersebut akan di lakukan oleh seorang HMZ Perantau Pulang Kampung. Sekretaris HIKMA Parepare (*)