Yulius Duma Mengaku Belum Merdeka Disaat HUT RI 78 tahun

PAREPARE, timeberita.com — Disaat memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 78 tahun, pada hari Kamis (17/8/2023).

Pemerintah kota Parepare melaksanakan upacara peringatan detik-detik 17 Agustus 2023 di lapangan Andi Makkasau Parepare bahkan LSM lingkar hijau pun turut bersama tukang becak dan buruh melakukan upacara di lapangan tenis jati diri.

Saat upacara berlangsung semua menghormati sang saka merah putih sebagai tanda Indonesia sudah merdeka selama 78 tahun dari penjajahan Belanda.

Kemerdekaan ini dirasakan setelah Belanda tidak lagi memiskinkan rakyat Indonesia bahkan untuk hidup makan pun harus berjuang keras agar menjadi rakyat yang kuat negara jaya.

Tapi apa yang di rasakan Yulius Duma seorang warga kelurahan Lapadde kecamatan Ujung kota Parepare harus berjuang untuk mencari nafkah apa yang dimakan besoknya.

Yulius Duma hanya melihat lagi upacara kenakan bendera di lapangan tenis jati diri dengan tersenyum melihat lagi sedang upacara kemerdekaan RI ke 78 tahun.

Jurnalis timeberita.com saat dijumpai lokasi mengatakan bahwa dirinya senang jika Indonesia sudah Merdeka tapi dalam batinnya belum merasakan kemerdekaan selama ini.

Pasalnya, kemerdekaan yang ke 78 tahun (17/8/2023) dan kemerdekaan saat keluar dari penjajahan Belanda tahun 1945 tetap sama dimana kebutuhan sehari-hari pun sulit diharapkan kepada pemerintah.

” saya belum merdeka, makan pun susah nak,”katanya polos.

Lanjut, Yulius Duma yang sekarang ini usianya kurang lebih 75 tahun hanya bergerilya di kota Parepare untuk mencari nafkah dengan cara apapun yang halal sangat sulit.

“Siapapun yang kasika nak saya terima demi bertahan hidup,”tuturnya singkat. (**)