Penyidikan Kasus Donal Trump Belum Selesai

AMERIKA SERIKAT, TIME BERITA, — Pada sidang lanjutan penyidikan kasus donal trump, Penasihat Khusus Robert Mueller menyerahkan laporan rahasianya kepada Departemen Kehakiman pada hari Jumat, penyelidikan seputar Presiden Donald Trump dan rekan-rekannya masih jauh dari selesai,seperti yang dilansir TIME,Sabtu (23/03).

Departemen Kehakiman mengatakan pada hari Jumat bahwa Mueller tidak akan merekomendasikan dakwaan baru, menurut AP, yang berarti dia tetap berpegang pada preseden departemen lama bahwa Presiden yang duduk tidak dapat didakwa. Tetapi terlepas dari apa yang dikatakan laporan akhir Mueller tentang campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden 2016, ada lebih dari selusin investigasi dan tuntutan hukum lainnya yang menyelidiki Trump, bisnisnya, keluarganya dan rekan-rekannya.

Ini bukan daftar lengkap, karena mungkin ada investigasi yang belum dipublikasikan, dan ada pemain lain yang terhubung juga sedang diselidiki berkat karya Mueller. Tapi di sini ada ancaman hukum utama yang masih dihadapi Trump dan lingkaran dalamnya.

Ada sejumlah kasus yang sedang berlangsung yang akan jatuh ke Kantor Kejaksaan A.S. di D.C. Salah satu yang paling menonjol adalah sekitar kepercayaan lama Trump Stone, Roger Stone, yang ditangkap pada Januari 2019 sebagai bagian dari penyelidikan Mueller. Dia didakwa dengan saksi merusak dan berbohong kepada Kongres tentang komunikasinya dengan WikiLeaks. Setelah dia memposting tentang kasus itu di media sosial, hakim menempatkannya di bawah perintah lelucon. Pengadilannya ditetapkan untuk November, dan jaksa federal di D.C. sekarang akan menangani penuntutannya, menurut New York Times.

Kasus ini terletak di Distrik Selatan New York dan berfokus pada pembayaran yang dilakukan mantan pengacara Trump Michael Cohen atas namanya untuk wanita yang diduga memiliki hubungan dengan Trump. Cohen mengaku bersalah pada Agustus 2018 untuk mengkampanyekan pelanggaran keuangan dan kejahatan keuangan lainnya, mengakui dia melakukan pembayaran kepada Karen McDougal dan Stormy Daniels agar tetap diam dalam pemilu 2016. Pada Desember, dia dijatuhi hukuman tiga tahun penjara.

Jaksa secara langsung melibatkan Presiden ketika mereka mengatakan pada bulan Desember bahwa Cohen bertindak “dalam koordinasi dan atas arahan” Trump. Sejak itu, jaksa federal mencapai kesepakatan non-penuntutan dengan American Media Inc., perusahaan induk National Enquirer yang terlibat dalam pembayaran diam-diam. Jaksa penuntut di New York masih memiliki “investigasi yang sedang berlangsung” dalam masalah keuangan kampanye di sini, dan mereka dilaporkan sedang menyelidiki apakah Organisasi Trump atau eksekutifnya memainkan peran apa pun.

Jaksa federal di berbagai kantor telah melihat ke rekor 107 juta dollar AS yang diangkat oleh komite pelantikan Trump dan mengajukan pertanyaan tentang siapa uang itu berasal, bagaimana uang itu dibelanjakan dan apakah panitia memberikan bantuan kepada donor atau akses khusus.

September lalu, konsultan politik Republik Sam Patten mengaku menyetir 50.000 dollar AS dari seorang oligarki Ukraina ke komite pelantikan Trump. Agen FBI menemukan lebih banyak bukti tentang pelantikan ketika mereka sedang menyelidiki Cohen, mantan pengacara Trump.

Kantor Mueller awalnya melihat potensi sumbangan asing untuk pelantikan, dan sekarang kantor pengacara A.S. di Manhattan dan Brooklyn sama-sama menyelidiki keterlibatan uang asing. Pada bulan Februari, jaksa penuntut untuk Distrik Selatan New York mengirim panggilan pengadilan ke komite pelantikan Trump yang menuntut dokumen tentang pengeluaran komite dan donor. Jaksa penuntut di New Jersey dan District of Columbia juga mengirim panggilan pengadilan ke komite dalam penyelidikan terpisah

Juga telah melihat potensi kesalahan terkait dengan PAC super pro-Trump yang disebut Rebuilding America Now. Pada bulan Desember, Times melaporkan bahwa jaksa mewawancarai orang-orang tentang apakah Manafort berkoordinasi secara ilegal dengan kelompok tersebut saat ia menjalankan kampanye Trump, dan apakah super PAC telah menerima sumbangan dari orang-orang di Qatar atau negara-negara Timur Tengah lainnya. Sejauh ini, investigasi ini belum menghasilkan dakwaan apa pun.(*)

REDAKTUR

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting for http://sneeit.com