Pengurus Pusat PI Gelar Rakernas

BANTEN, timeberita.com — Dewan Pengurus Pusat Pengembang Indonesia (PI) menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2022 Hotel Arya Duta Lipo Village, Karawaci, Jumat (16/12/2022)

Kegiatan itu diikuti dan dihadiri pengurus perwakilan daerah di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum PI, H Barkah Hidayat mengungkapkan, pelaksanaan rakernas ini bertujuan untuk mengevaluasi permasalahan yang ditemukan teman-teman dilapangan.

Selain itu ada target khusus yang ingin diraih di tahun 2023 yakni program 1 hektare 1 kecamatan itu irisannya adalah perumahan bagi masyarakat yang tak berpenghasilan tetap.

“Kita sudah sosialisasikan ke setiap stakeholder, dan mereka ingin PI yang menjadi pelopor awal. Dan ini menjadi pemicu bagi asosiasi lain maupun developer lain untum bisa bekerja bersama-sama,” ujarnya.

Sementara, Ketua DPD PI Sulselbar Ahmad Yasin SE MSi yang dihubungi media ini, Kamis, 15 Desember 2022, membenarkan pelaksanaan Rakernas PI.

Ahmad Yasin mengungkapkan, tema dan sub tema yang diangkat dalam Rakernas PI untuk kali ini adalah ‘ Pemantapan Program 1 Hektare 1 Kecamatan Solusi Strategis Merumahkan Sektor Informal dalam Penuntasan Backlog Program Sejuta Rumah’.

Sedangkan ada dua sub tema yang ingin diraih yakni kebijakan dan regulasi pemerintah dalam pembiayaan perumahan sektor informal dan peranan perbankan dalam pembiayaan perumahan sektor informal pada program 1 hektare 1 kecamatan.

Pembukaan secara internal Rakernas PI tahun 2022 ini, kata Ahmad Yasin, dibuka Dewan Penasehat DPP PI, Dr Ir H Khalawi Abdul Hamid MSC MM. ” Berbagai agenda dilaksanakan dalam Rakernas ini diantaranya diskusi panel dengan menghadirkan pihak OJK, Badan Pengelola TAPERA, BPJS Ketenagakerjaan, perwakilan Bank mulai BNI, BTN, BRI, BJB, BTN Unit Syariah, BSI dan HIK Parahiyangan,”ujarnya.

Untuk pembukaan Rakernas PI 2022, akan diwarnai launching tiga program Pengembang Indonesia yakni Program 1 Hektare 1 Kecamatan, Launching design KTA Baru dan Program KPR/PPR bagi Sektor Informal serta penandatangan MoU. Pembukaan ini akan dihadiri Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno sekaligus membuka secara resmi Rakernas PI tahun 2022.

Jelang penutupan nantinya akan dilaksanakan diskusi panel yang ketiga dengan menghadirkan Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Kementrian PUPR, Dirjen Perumahan Kementrian PUPR, Kemendagri, Kementrian ATR/BPN, Kementrian Koperasi dan UMKM, Kemenparekraf dan Kemenaker. “Kita berharap agar Rakernas II PI akan memberikan solusi yang strategis dalam penuntasan program yang direncanakan dengan menciptakan ekosistem bagi industri perumahan,” tutupnya.(Rls)