HEADLINEHOMEPARE TIME

Jalan Jendral Sudirman Banyak Berlubang, Jika Terjadi Kecelakaan Maka Penyelenggara Bisa Dipidanakan

PAREPARE, timeberita.com – Lubang besar di Jalan Jendral Sudirman (Poros Makassar-Palopo), Parepare. Lubang ini sangat membahayakan pengendara yang melintas.

Pantauan Timeberita.com kamis (15/12/2022) Terdapat beberapa Lubang Yang menganga di Jl. Jendral Sudirman Kota Parepare. Beberapa Lubang yang kedalamannya sudah sangat membahayakan pengendara terkhusus pengendara Roda Dua.

Salah satu warga kota parepare Makkawaru (57) yang sering melintas di Jalan Jend.Sudirman, Mengatakan keberadaan lubang di jalur Poros tersebut sangat membahayakan pengendara yang melintas maupun warga parepare yang sedang beraktifitas, terkhusus di malam hari.

Makkawaru (57) mengatakan ” lubang besar yang berada di Jalan Jendral Sudirman sudah beberapa kali hampir mengakibatkan kecelakaan, apalagi saat malam hari dan saat Kota Parepare Sedang Hujan, Lubang itu tergenang air.

“Makanya ini sangat berbahaya untuk pengendara, apalagi untuk roda dua” sebutnya.

Sementara Direktur LSM IKRA Nuzul Qadriy, kepada wartawan, mengaku bahwa memang sering melihat beberapa lubang yang kedalamannya kemungkinan sudah mencapai 15 cm, tapi belum ada perbaikan dari pemerintah setempat.

“Kalau sudah ada korban, maka yang dirugikan pasti pengendara, untuk itu saya berharap Pemerintah setempat untuk segera mengambil langkah memperbaiki jalan, minimal dilakukan penambalan.” Katanya.

Lanjutnya, jika dibiarkan semakin rusak jalanan dan menimbulkan kecelakaan, maka pihak penyelanggara jalan bisa dituntut ganti rugi sesuai dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan.

“Penyelenggara jalan yang tidak memperbaiki jalan rusak dan hal tersebut mengakibatkan kecelakaan lalu lintas, maka dapat dihukum pidana dan dikenai denda. Hal itu tertuang dalam Pasal 273 ayat 1-4.”tegasnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas PUPR Kota Parepare, Samsuddin Taha melalui whatsapp, mengatakan, pengerjaan perbaikan jalan Jend.sudirman merupakan tanggung jawab jalan daerah dalam hal ini Kota Parepare.

“Pemkot sudah alokasikan Anggaran tahun 2022 untuk Rehabilitasi Jalan jendral sudirman (sebagian)”. Katanya.

Namun ketika ditanyakan kapan realisasi perbaikan tersebut, namun tidak ada jawaban. (Sultan/**)

 

Sudarmono

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting for http://sneeit.com