PAD Parepare Meningkat Di Tengah Pandemi

PAREPARE, TIME BERITA.COM — Perekonomian Kota Parepare relatif stabil meski di tengah pandemi Covid-19. Buktinya, inflasi rendah dan terkendali. Bahkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) meningkat di masa pandemi.

Hal ini diungkap Wali Kota Parepare Dr HM Taufan Pawe saat membuka Bimbingan Teknis Penyusunan Anggaran dan Pelatihan SIPD Pemkot Parepare di Novotel Makassar, Senin, 26 Oktober 2020.

“Belum lama ini kita melakukan Monev, dan menunjukkan hasil yang baik di tengah pandemi. Serapan fisik 70 persen dan serapan anggaran hampir 60 persen. Bahkan serapan PAD meningkat di masa pandemi. Inflasi rendah dan terkendali,” ungkap Taufan Pawe.

Pernyataan Taufan Pawe diperkuat oleh Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Parepare H Jamaluddin Achmad.

Jamaluddin yang dihubungi terpisah, Kamis, 29 Oktober 2020, membenarkan terjadi peningkatan PAD Parepare sampai Oktober 2020. “Jadi sampai Oktober 2020 dibanding 2019, ada kenaikan (PAD) sekitar 16.74 persen atau sekitar Rp18 miliar lebih,” terang Jamaluddin.

Peningkatan PAD itu, kata Jamaluddin, dicapai oleh 4 SKPD Pemkot Parepare yaitu, Dinas Kominfo, RSUD Andi Makkasau, Dinas Damkar, dan BKD.

Sementara progres capaian PAD hingga saat ini sudah 88 persen dari target. “Sampai saat ini capaian (PAD) sudah Rp126 miliar sekian dari target Rp142 miliar sekian, atau sekitar 88 persen,” tandas Jamaluddin. (Cr)

Sudarmono

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting forĀ http://sneeit.com