HOMEPARE TIME

Muhammad Hatta Punya Pengalaman Birokrat, Dari Daerah Hingga Kementrian

PAREPARE, timeberita.com — Muhammad Hatta merupakan putra kelahiran Parepare yang sudah memiliki pengalaman dalam bidang birokrat, mulai dari pemerintahan daerah hingga kementrian.

Tiga nama yang diajukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daera (DPRD) Kota Parepare ke Kementrian Dalam Negri sebagai kandidat Pjs Walikota Parepare satu tahun kedepan, satu diantaranya adalah Muhammad Hatta.

Dua nama lainnya yakni, Renny Anggraeni Sari sebagai direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare dan Husni Syam sebagai pelaksana tugas Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Parepare.

Muhammad Hatta putra kelahiran Parepare pada 18 juni 1981 sudah mengenyang pendidikan selama 12 tahun di Kota Parepare. Mulai masuk sekolah dasar di SD Negeri 1 Parepare pada 1988 dan lulus pada 1994.

Kemudian melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri 5 Parepare dan selanjutnya di SMA Negeri 1 Parepare lulus pada 2000.

Setelah menyelesaikan pendidikanya di Kota Parepare H Muhammad Hatta kemudian masuk di Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) lulus pada 2004. Setelah menyandang status sebagai CPNS pada tahun 2001.

Tidak sampai disitu, H Muhammad Hatta kemudian melanjutkan pendidikannya di Universitas Muslim Indonesia (UMI) dengan jurusan Manajemen SDM untuk strata dua yang selesai pada 2018.

Jabatan H Muhammad Hatta saat ini yakni Ditjen Alsintan di Kementrian Pertanian Republik Indonesia dan berdomisili di Jakarta.

Jabatan pertama H Muhammad Hatta di Kota Parepare sebagai Kasie Trantib di Kecamatan Ujung Kota Parepare pada tahun 2005 hingga 2008 dan pindah sebagai Kasubag Protokol dan Hubungan Antar Lembaga di Setdako Parepare tahun 2008 hingga 2011.

Dari sana pindah ke Dinas Lingkungan Hidup tahun 2011 dengan jabatan Kasubag Adm,umum dan kepegawaian.

Tak lama disana, pindah ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan dengan jabatan Kasubag Umum dan Kepegawaian hingga tahun 2012.

Selanjutnya pindah ke Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan sebagai Kasubag rumah tangga pimpinan hingga 2015 dan selanjutnya diangkat sebagai Sekertaris pada Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Sulsel pada 2015 hingga 2017.

Sementara pada tahun 2017 sampai 2018 sebagai Kasubag Keuangan dan Kepala Biro Umum di Setda Provinsi hingga 2019.

Akhirnya pada 2020 diangkat sebagai Direktur pupuk dan pestisida pada Kementan RI selama dua tahun dan jabatan saat ini sebagai Ditrektur Alsintan.

Sebagai putra daerah, H Muhammad Hatta patut dipertimbankan dalam mengembang amanah satu tahun kedepan sebagai Penjabat Walikota Parepare.

Selain, sebagai putra daerah, H Muhammad Hatta juga sudah memiliki pengalaman dalam Birokrat sudah memadai.

Jabatan-jabatan strategis yang selama ini diembangnya tentunya menjadi modal besar baginya dalam menjalankan roda pemerintah di Kota Parepare satu tahun terakhir untuk melanjutkan pembangunan di Kota Parepare.

Tiga nama yang diusulkan, itu dibenarkan oleh H Nasarong anggota DPRD Kota Parepare.

Menurutnya, ada tiga nama yang diajukan dan disetujui bersama untuk kemudian diusulkan.

“Tiga nama ini diajukan dari fraksi DPRD Kota Parepare, Jadi kami langsung setujui, karena hanya tiga nama yang diajukan,” ujarnya, Senin (04/09/2023). (*)

Sudarmono

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting for http://sneeit.com