Fakultas Hukum IAS Melaksanakan Seminar Nasional Nene Mallomo di Sidrap

SIDRAP, timeberita.com – Mahasiswa Magister fakultas Hukum Institut Andi Sapada (IAS) Parepare melaksanakan seminar Nasional tentang filosofi hidup Nene Mallomo, di ruangan SKPD, kabupaten Sidrap, Rabu (21/12/22).

Menurut, Dr Fatahillah dosen pengampu hukum adat IAS mengatakan kegiatan seminar Nasional ini dilakukan untuk mengetahui sejarah Nene Mallomo sebagai cendekiawan, bernama La Pagala.

Sementara, Addituang Sidenreng ke 25 kabupaten Sidrap, DR. Achmad Faisal Andi Sapada, yang merupakan dewan pembina Yayasan Perguruan Amsir Parepare, mengatakan, Nene Mallomo tak lepas dari addituang Sidenreng.

Menurutnya, hubungan addituang Sidenreng ini bagian dari pemerintahan, dimana sejarah sudah dijadikan hari HUT kabupaten Sidrap sekarang ini sejak Addituang Sidenreng pertama adalah lagaligo.

Sementara lahirnya, cendikiawan Bugis Sidenreng saat itu pada zaman La Pateddungi addoang ke 8, maka La Pagala disebut Nene mallomo selaku cendikiawan Bugis Sidenreng.

Lanjut, Ahmad Faisal A Sapada yang disapa puang Ical, menuturkan Nene Mallomo adalah tokoh legendaris (Cendekiawan Bugis) dari Sidenreng Rappang , namanya kemudian dijadikan sebagai landmark Kabupaten Sidrap. Nene Mallomo hidup sekitar abad ke-16 M, pada masa pemerintahan La Patiroi, Addatuang Sidenreng.

Menurut Addituang Sidenreng ke 25 ini mengatakan dengan jajaranya tak lepas dari bagian pemerintah kabupaten Sidrap.

Puang Ical sebagai Addituang Sidenreng memintai kepada APH agar perkara ringan bisa diselesaikan secara Restorasi Justice (RJ) ini bisa diserahkan saja kepada addituang Sidenreng untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan cara kekeluargaan.”kalau bisa APH menyerahkan kepada kami sebagai Addituang Sidenreng untuk menyelesaikan perkara ringan yang bisa di Restorasi Justice, diselesaikan secara kekeluargaan,”pintanya.

Sekda pemkab Sidrap, H Basra, mewakili Bupati Sidrap, H. Dolla Mando, melalui sambutannya mengatakan, memberikan aspirasi dan terima kasih sehingga kegiatan ini dilaksanakan di kabupaten Sidrap sehingga pemerintah merespon kegiatan IAS Parepare.

“Saya mendukung dan siap kerjasama IAS Parepare. Karena kegiatan dilakukan oleh IAS sangat mendukung program kerja pemkab Sidrap,”jelasnya.

Usai sambutan, maka Sekda langsung membuka acara seminar Nasional yang dilaksanakan oleh fakultas Hukum IAS Parepare. (smr**)