48 Wartawan Ikut Kompetensi Dewan Pers

MAKASSAR, TIME BERITA.COM — Sebanyak 48 Wartawan cetak dan online mengikuti ujian kompetensi wartawan (UKW) di Graha Pena Makassar yang digelar PWI bekerjasama Dewan Pers, selama dua hari, Sabtu-Minggu (26-27/9/2020).

Ketua harian PWI provinsi Sulsel, Said Iskandar Syah mengatakan, kegiatan ini wajib diikuti oleh wartawan sebagai wartawan profesional dan terdaftar oleh negara.

“Wartawan belum berkompeten maka berhak narasumber menolak jika diwawancarai tanpa memperlihatkan kartu UKW-nya tersebut,”katanya.

Sesuai UU pers nomor 40 tahun 1999 dan kode etik jurnalis maka wartawan harus menjadi corong masyarakat yang bermartabat serta kualitas berita terjaga.

Sebagai jurnalis harus mengetahui regulasinya sendiri yaitu UU pers dan kode etik wartawan.

“Jika itu sudah dikuasai maka yakin saja narasumber pasti merasa nyaman memberikan data atau komentarnya,”katanya.

Sesuai PP nomor 1 tahun 2018 harus lakukan UKW bagi wartawan, maksud dan tujuan ikut kompetensi demi meningkatkan kualitas wartawan menuju era persaingan.

Sementara, pengurus PWI pusat, Machmud Suhermono menyebutkan, Untuk UKW tahun 2020 angkatan 19 sebanyak 48 wartawan yang ikut dan dibagi tiga kelas yaitu, kelas muda, madya dan utama.

“ketiga jenjang ini harus dilalui wartawan sebagai wartawan yang professional,”katanya.

Ditambahkan, Suhermono, diminta semua peserta UKW harus ikuti materi yang disiapkan oleh panitia.

“Kami dari PWI kerjasama dengan dewan pers untuk melaksanakan uji kompetensi wartawan guna melahirkan wartawan yang berkualitas dan profesional dalam menjalankan profesinya,”tutupnya. (Smr)

REDAKTUR

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting forĀ http://sneeit.com