Untuk Menurungkan Kadar kolestrol, Buah Ini Baik Dikunsumsi

PAREPARE, TIME BERITA, — Buah-buahan yang dikunsumsi tidak hanya tinggi kandungan serat dan vitamin saja. Namun dari nutrisi buah-buahan terdapat banyak kandungan lainnya seperti antioksidan atau mineral yang bisa membantu tubuh menjadi lebih sehat. Bahkan, buah-buahan bisa membantu kita mencegah datangnya masalah kolesterol tinggi.

Buah-buahan dengan rasa yang segar biasanya memilik kandungan tinggi kadar serat yang bisa menghambat proses penyerapan kolesterol dari makanan yang kita konsumsi. Selain itu, kandungan-kandungan lainnya juga bisa membantu proses peluruhan kolesterol dengan efektif.

Berikut buah-buahan yang bisa kita konsumsi untuk menunrunkan kolesterol dalam tubuh.

Alpukat, buah ini ,banyak orang berpikir jika alpukat memiliki kandungan lemak yang tinggi.Namun anggapan itu mungkin benar mengingat 16 persen kandungannya memang berupa lemak. Tetapi,sebagian besar lemak yang dikandung buah ini merupakan lemak sehat.Berupa asam lemak tak jenuh tunggal yang justru mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dengan efektif.

Selain itu, asam lemak tak jenuh tunggal ini juga bisa membuat pembuluh darah menjadi lebih sehat sehingga tidak akan mudah terkena kerusakan atau penumpukan plak.

Selain itu, Alpukat juga sangat disarankan untuk penderita diabetes, karena kandungan asam lemak omega 9 dan seratnya mampu menjaga keseimbangan kadar gula darah.

Jeruk nipis,buah yang satu ini,biasanya dijadikan minuman atau campuran di dalam makanan.Namun kandungan flavonoid di dalamnya bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dengan efektif.

Hanya saja, jika kita ingin menjadikannya minuman, ada baiknya tidak menambahkan gula meskipun rasa jeruk nipis cukup masam.

Semangka,Buah ini biasanya dikonsumsi di siang hari saat suhu udara cukup panas,tetapi kandungan buah ini ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan likopen yang bisa memberikan manfaat tersebut.

Apel,tentunya buah ini sudah sangat dikenal luas sebagai salah satu buah yang paling baik bagi kesehatan. Di dalamnya terdapat kandungan beta-glucan yang bisa membantu menurunkan produksi kolesterol.

Selain itu, di dalamnya juga terdapat serat larut yang mampu mencegah proses penyerapan kolesterol dari makanan yang kita konsumsi.

Buah ini,Selain dikonsumsi secara langsung, bisa juga diolah menjadi jus yang menyegarkan. Hanya saja, pastikan untuk tidak menambahkan gula pada jus tersebut demi mendapatkan manfaat sehatnya.

Dan bagi penderita diabetes, buah ini dapat diola untuk menjadikannya cuka apel,karena ini baik bagi penderita diabetes.

Pir,Buah pir yang kaya kandungan air ternyata juga kaya serat larut dan pektin. Bahkan, kadar pektin di dalam pir disebut lebih tinggi dibandingkan dengan yang ada di dalam apel.

Kandungan inilah yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh, membersihkan usus, sekaligus membuat buang air besar semakin lancar.

Pisang,kita ketahui jika buah ini kaya akan kandungan serat yang bisa membantu kadar kolesterol jahat dengan efektif. Kadar kalium di dalamnya juga akan menurunkan tekanan darah dengan efektif sekaligus membuat pembuluh darah menjadi lebih sehat.

Jambu biji merah,Buah ini sering dijadikan jus, karena rasanya yang nikmat untuk diminum. Namun kandungan buah ini sangat baik bagi penderita demam berdarah. Di dalam buah ini kaya akan kandungan vitamin, seperti vitamin C dan E, selenium, dan flavonoid. Kandungan-kandungan ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dengan efektif.

Sebuah penelitian bahkan membuktikan bahwa jika kita rutin mengonsumsi jus jambu merah selama dua bulan penuh, maka kadar kolesterol total bisa ditekan hingga lebih dari 52 persen. Bahkan, kadar kolesterol jahat bisa ditekan lebih dari 82 persen.

Sumber Dokter Sehat