Tim Wasev Tinjau Lokasi TMMD Ke 105 Di Pinrang

PINRANG, TIME BERITA, — Ketua Tim Wasev Mabes TNI Kolonel Czi Lalu Rudy Srigede, S.T, M.Si didampingi Irdamat Itdyaben Pusterad Mayor Arh Yaya Suhaya melakukan kunjungan sekaligus meninjau lokasi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 yang dilaksanakan Kodim 1404/Pinrang tahun anggaran 2019, di Desa Mattiro Ade dan Kelurahan Tonyamang, Kecamatan Patampanua. Rabu (07/08/2019).

Komandan Kodim 1404 /Pinrang, Letkol Arm Lukman Sasono memaparkan capaian TMMD ke 105 Kodim 1404/Pinrang, jika Program TMMD ini berorientasi pada program pembangunan Pemerintah Daerah di Kabupaten Pinrang yang disesuaikan kondisi masyarakat pedesaan.

Dia mengatakan, Melalui TMMD, TNI akan membantu pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara.

Selain itu, membantu dalam percepatan pembangunan dan menjaga Kamtibmas di pedesaan dalam rangka mewujudkan ketahanan nasional yang mantap di segala bidang kehidupan masyarakat.

Dia mengurai, tahapan pelaksanaan TMMD yang dibuka sejak hari Rabu tanggal 10 Juli 2019 lalu, sampai hari ini sasaran fisik sudah 100 persen selesai, yakni penyiapan bahu jalan atau perintisan jalan sepanjang 1.809 meter, pengerasan badan jalan 682,58 meter kubik, penimbunan proteksi bahu jalan sepanjang 712 meter, pelebaran plat dekker sebanyak 3 unit, dengan ukuran Panjang 1,5 X Lebar 1,5 X Tinggi 20 cm dan pembuatan jembatan permanem ukuran 4 x 6 meter.

Dia menambahkan, sejumlah sasaran tambahan diantaranya pemasangan tegel Mesjid Nurul Hijra di Desa Mattiro Ade dengan ukuran 4 x 15 meter, perintisan jalan baru di Dusun Senga Selatan sepanjang 350 meter dengan lebar 5 meter dan pembuatan WC di rumah masyarakat.

Sedangkan sasaran non fisik diantaranya sosialisasi wawasan kebangsaan dan bela negara oleh Kodim 1404/Pinrang, penyuluhan dan pelayanan KB kesehatan oleh BKKBN dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang, Penyuluhan Kamtibmas oleh Polres Pinrang, Penyuluhan Narkoba oleh Polres Pinrang, Penyuluhan tentang Undang-undang pernikahan Depertemen Agama Kabupaten Pinrang, penyuluhan tentang bahaya terorisme dan konflik sosial oleh Kespangpol Kabupaten Pinrang, pemeriksaan dan pelayanan pengobatan kesehatan oleh Denkesyah Bone dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang, pemutaran film perjuangan oleh Kodim 1404/Pinrang dan Dinas Kominfo Kabupaten Pinrang dan pembagian sembako oleh Kodim 1404/Pinrang dan Dinas Sosial Kabupaten Pinrang.

“Hari ini kita akan rampungkan kegiatan non fisik dengan melakukan pembagian sembako hari ini dan pada saat penutupan TMMD,”Jelasnya.

Sementara Kolonel Czi Lalu Rudy Srigede, S.T, M.Si mengatakan, kegiatan TMMD mempunyai andil yang sangat besar dan bermanfaat untuk masyarakat. Dimana, kegiatan yang dilaksanakan itu melibatkan segenap unsur seperti TNI-Polri, SKPD dan juga masyarakat.

“Tugas kami disini, berdasarkan perintah sebagai pengawas pelaksanaan kegiatan TMMD. Jadi diharapkan apa yang dikerjakan oleh Satgas TMMD tahun ini dapat berguna bagi masyarakat, membantu masyarakat setempat, memberi kenyamanan bagi warga, mampu menumbuhkan perekonomian masyarakat khususnya di Desa Mattiro Ade dan Kelurahan Tonyamang,”harapnya.

Dia menambahkan, manfaat yang lebih besar dari pelaksanaan TMMD adalah terciptanya rasa saling memiliki antara TNI, Polri, Pemda dan unsur-unsur yang terkait di dalamnya dan juga tidak kalah pentingnya yaitu masyarakat sendiri.(Dia)