Pj Wali Kota Parepare Apresiasi Penyelenggara Pemilu 2024

Pj Wali Kota Parepare Apresiasi Penyelenggara Pemilu 2024

PAREPARE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare, menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan dan Perolehan Suara (RHPPS) Tingkat Kota Parepare Pemilu Tahun 2024.

Kegiatan digelar di Media Center Kantor KPU Parepare, Selasa (27/2/2024).

Hadir Asisten I Setdako Parepare, Dede Harirustaman yang mewakili Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali.

Ketua KPU Parepare Muh Awal Yanto mengatakan, pihak mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada PPS dan PPK yang bekerja ekstra sehingga rekapitulasi pada pemilu 2024 berjalan dengan baik.

“Berkat kerja keras PPK dan PPS sehingga kita bisa sampai pada rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat kota sekarang ini,” ucap dia.

Sementara Pj Wali Kota Parepare yang disampaikan oleh Asisten I, Dede mengungkapkan, rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara ini menjadi tonggak penting dalam proses demokrasi di Kota Parepare, yang menandai langkah awal menuju kesuksesan penyelenggaraan pemilu yang adil, transparan, dan berkualitas.

“Rapat rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara ini memiliki arti yang sangat penting dalam proses pengawalan dan pemantauan terhadap penyelenggaraan pemilu,” kata dia.

Dia menjelaskan melalui rapat ini, akan meninjau secara seksama hasil perhitungan suara dari seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Parepare, untuk memastikan bahwa prosesnya berjalan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku dan mencerminkan kehendak rakyat.

“kita akan mengkaji setiap detail hasil perhitungan suara, memastikan integritas dan validitasnya, serta menanggapi setiap potensi ketidakberesan yang mungkin timbul,” terang dia.

Dia pun berpesan agar keterbukaan, kejujuran, dan ketelitian menjadi prinsip yang harus dipegang teguh dalam proses rekapitulasi ini, demi terwujudnya proses pemilu yang bersih dan demokratis.

Karena itu, ia mengapresiasi segala upaya yang telah dilakukan oleh KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), serta seluruh petugas KPPS yang telah bekerja keras menjalankan tugasnya dengan penuh dedikasi dan profesionalisme.

“Kerja keras dan keseriusan kalian merupakan fondasi yang kokoh bagi terlaksananya proses pemilu yang berkualitas dan terpercaya,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula Ketua empat Komisioner KPU lainnya yakni, Kalmasyari, Ilham H. Muhtar, Nur Islah, dan Ahmad Perdana Putra. (Adv)