Pemkab Pertimbangkan Izin Tambang Galian C

ENREKANG, TIME BERITA.COM — Pemrintah Kabupaten (Pemkab) Enrekang masih melakukan pertimbangan untuk pemberian Izin Pemanfaatan Ruang (IPR) dan izn lingkungan tambang galian C pasir dan batu yang akan beroperasi di Dusun Penja, Desa Karueng, Kecamatan Enrekang, Rabu (12/08/2020).

Hal ini dipertimbangkan izinya untuk beropersi dengan luas lahan IUP 9,2 Hektar.

Kegiatan ini dapat merusak lingkungan disekitarnya.

Sekretris Daerah (Sekda) H Baba menjelaskan, kewenangan untuk memberikan izin kepada pemohon untuk beropersi bukan kewenangan pihaknya (Pemkab Enrekang) tetepi itu kewenangan pemerintah provinsi Sulsel.

“Kewenangan untuk menerbitkan izin itu kewenangan provinsi.Dan yang sudah terbitkan provinsi itu sesui yang kami dapatkan baru izin eksplorasi,”katanya.

Namun, izin eksplorasi yang dimiliki oleh pemohon kata H Baba hanya sebatas untuk melakukan kajian secara mendalam apakah layak tambang tersebut beropresi dari sisi ekonomi dan apakah tidak memberikan dampak lingkungan terhadap pertambangan sehingga bisa dilakukan proses tahap selanjutya.

“Perlu diketahui bahwa sampai sekarang izin lingkungan-nya belum diproses dan ini juga sudah kami sampikan pada pimpinan dalam hal ini bapak bupati.Bapak bupati memberikan dua arahan, yang pertama perhatikan aspek lingkungan dan yang kedua perhatikan aspirasi masyarakat,”tutupnya. (Suka)

REDAKTUR

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting forĀ http://sneeit.com