Pembangunan Gedung Utama Kejagung Ditandai Dengan Groundbreaking

JAKARTA, timeberita.com – Pembangunan gedung utama Kejaksaan Agung (Kejagung) Republik Indonesia (RI) ditandai dengan peletakan batu pertama (Groundbreaking)  oleh Jaksa Agung Dr. Burhanuddin, SH. MH. didamping oleh Wakil Jaksa Agung, Setia Untung Arimuladi SH. M.Hum, Para Jaksa Agung Muda, Kepala Badan Diklat dan Para Staf Ahli Jaksa Agung serta Ketua Komisi Kejaksaan Republik Indonesia. Pekerjaan proyek ini paska kebakaran yang terjadi pada tanggal 22 Agustus 2020 lalu, Senin (28/06/2021).

Hadir pada kegiatan itu yakni, Kontraktor Pelaksana, Direktur Utama PT. Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. (PT.PP) Noval Arsyad  beserta jajaran Direksi dan Direktur Utama PT Virama Karya (Persero) Jusarwanto selaku Kontraktor Manajemen Konstruksi (MK).

Dalam laporannya, Kepala Biro Umum Dr. Heri Jerman, SH. MH. selaku Penanggung Jawab Pekerjaan Kontruksi Fisik Terintegrasi Rancang Bangun Gedung Utama Kejaksaan Agung menyebutkan, kegiatan ini adalah Pekerjaan Kontruksi Fisik Terintegrasi Rancang Bangun  (Design and Build) Gedung Utama Kejaksaan Agung.

Gedung yang akan dibangun ini akan dilaksanakan pada lahan gedung ex kebakaran diatas tanah seluas 10.571 M2 dan Luas Bangunan 43.669 M2,  meliputi 3 massa (sayap) namun tetap menjadi satu kesatuan bangunan, hal ini  menggambarkan makna Tri Krama Adhyaksa yaitu berlantai 22 (berada disayap barat) yang menggambarkan tanggal lahir Kejaksaan, Lantai 7 (berada disayap timur) menggambarkan Bulan Juli yang merupakan Bulan Kelahiran Kejaksaan dan Lantai 11 (berada disayap utara) merupakan 11 pasang bulir dalam untaian padi yang ada pada lambang Kejaksaan.

Dia menyebutkan, ada tiga Pelaksana Proyek Pembangunan Rancang Bangun Gedung Utama Kejaksaan Agung yakni, Pekerjaan Basic Design dikerjakan oleh : PT Uni Tri Cipta berdasarkan Kontrak Kerja tertanggal 27 Januari 2021.

Manajemen Kontruksi dilaksanakan oleh PT. Virama Karya (Persero) sesuai Kontrak Kerja tertanggal 31 Mei 2021.

Dan Pelaksana  Proyek Rancang Bangun adalah : PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk dengan nilai Kontrak seluruhnya adalah Rp. 549.608.886.200 (Lima Ratus Empat Puluh Sembilan Milyard Enam Ratus Delapan Juta Delapan Ratus Delapan Puluh Enam Ribu Dua Ratus Rupiah) berdasarkan Kontrak Kerja tertanggal 25 Juni 2021 yang akan dikerjakan selama 540 hari Kalender sehingga diperkirakan akan selesai tanggal 31 Desember 2022 dengan metode anggaran multi years (di tahun 2021 dan 2022).

“Bahwa Proyek ini telah melalui proses sesuai dengan regulasi yang mengatur tentang pendirian bangunan gedung bertingkat dan ditenderkan secara terbuka dan terbuka untuk umum sesuai prinsip-prinsip dan pedoman Pengadaan barang dan Jasa,”tutupnya.(Rls)

 

REDAKTUR

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting for http://sneeit.com