H-6 Jumlah Penumpang yang Turun Di Pelabuhan Nusantara Parepare Mencapai 14.833 Jiwa

PAREPARE, TIME BERITA, — Memasuki H-6 Lebaran Idul Fitri 1440 Hijiriyah tahun 2019 Kasyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Parepare mencatat jumlah penumpang yang turun di Pelabuhan Nusantara Kota Parepare mencapai 14.833 jiwa sejak dibukanya posko mudik pada 21 Mei yang lalu. Kamis (30/05).

Hendri Kepala Seksi Lalulintas Laut KSOP Parepare mengurai, Jumlah penumpang yang turun dari KM Pantokrator sebanyak 2080 jiwa dan KM Lambulu 2192 jiwa.

Jumlah penumpang yang turun hingga di H-6 lebaran ini, berkisar 14.833 jiwa.Dan akumulasi jumlah penumpang yang naik atau berangkat sebanyak 4.763.

Dia mengatakan, untuk arus mudik saat ini memang diakui adnya lonjakan penumpang, namun keamanan dan kelancaran pelayaran tetap berajalan dengan baik.

Dia menyebutkan, untuk jumlah penumpang KM Lambelu yang turun hari ini, itu sudah melebihi jumlah kapasitas muatannya yang hanya sebanyak 1995. Tetapi tidak berarti over kapasitas dari jumlah dispensasi yang diberikan. Jumlah dispensasi KM Lambelu sebanyak 1.331 jiwa, sehingga jumlah kapasitas muatan penumpang KM Lambelu sebanyak 3.326 jiwa. Jumlah itu akumulasi dari jumlah kapasitas dan dispensasi.

“Pemberian dispensasi ini tetap diperhatikan kelayakan dan keamanan serta kenyaman pelayaran,”katanya.

Sementara Manager PT Pelni Parepare Gatot mengakui, jika pihaknya sudah melakukan permintaan dispensasi penumpang ke KSOP Parepare.

Hal ini dilakukan demi pengankutan penumpang pad arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini. Karena sudah diperkirakan jumlah penumpang akan mengalami lonjakan.

Dia menyebutkan, untuk dua armada Pelni yang diberikan dispensasi penumpang dari KSOP Parepare yakni, KM Bukit Siguntang dengan jumlah kapasitas sebanyak 1995,mendapat dispensasi sebanyak 1331 dan totalnya sebanyak 3326. Sama halnya dengan KM Lambelu yang jumlah kapasitasnya hanya 1995 ditambah dispensasi sebanyak 1331 jadi totalnya sebanyak 3326.

Menurutnya, Armada Pelni yang disiapkan untuk angkutan arus mudik dan arus balik tahun ini semuanya dalam kondisi siap.

“Kami jauh hari sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk angkutan arus mudik dan arus balik tahun,” tutupnya.(*)