Wartawan Perlu Diorientasi Untuk Mencari Jati Dirinya

MAKASSAR TIME BERITA.COM — Pendidikan dan Latihan (Diklat) jurnalis tingkat dasar dan lanjutan tahun 2020 yanh digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) ditutup secara resmi oleh Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat, Zulkifli Gani Ottoh, Sabtu (10/10/2020)

Zulkifli Gani Ottoh yang juga mantan Ketua PWI Sulsel dua periode ini mengungkapkan, rasa syukurnya dapat kembali ke tanah kelahirannya di masa pandemi Covid-19.

Menurutnya, Kegiatan ini bukan semata-mata pendidikan, tapi sebuah orientasi.

“Wartawan memang perlu di orientasi untuk mampu mencari jati dirinya. Selain itu, dapat mengenal lebih dekat apa itu organisasi PWI,”kata Zugito sapaan akrabnya.

Hari ini, kata dia, melalui kegiatan ini kita memahami betul jati diri sebagai wartawan.

“Tidak mudah menjadi wartawan, terlebih di masa pandemi Covid-19. Masyarakat tidak akan tahu kondisi yang berkembang, kalau tidak ada peran wartawan,” jelasnya.

Seorang wartawan wajib memiliki tiga kartu identitas yakni, kartu dari perusahaan, kartu anggota PWI dan kartu Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“Jika ada yang menghalangi wartawan dalam peliputan perlu di pertanyakan, karena tentunya mereka tidak paham akan ketentuan yang diakui negara,”katanya.(Rls)

Sudarmono

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting forĀ http://sneeit.com