Unimen Implementasikan Program MBKM

ENREKANG, timeberita.com — Universitas Muhammadiyah Enrekang (Unimen) gelar seminar hasil Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Ditjen Diktiristek tahun anggaran 2021 di Green Town Hotel Makassar, Selasa (28/12/2021) kemarin.

Kegiatan ini merupakan lanjutkan dari Penelitian dan Pengabdian yang telah dilakukan oleh Tim Dosen dan Mahasiswa Unimen.

Wakil Rektor 1 Unimen, Ismail S. Pd., M. Pd yang membuka acara menyampaikan apresiasi kepada seluruh tim yang sudah bekerja keras melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Apresiasi tentu kita berikan kepada seluruh tim peneliti dan pengabdian masyarakat atas kerja kerasnya sehingga hari ini kita akan seminarkan dan nantinya akan ada dua terbaik yang menjadi perwakilan kita di tingkat nasional,”katanya.

Menurutnya, seminar hasil ini dilakukan bukan hanya ceremoni menggugurkan kewajiban saja, tetapi tentu punya harapan kedepan yang ingin dicapai.

“Salah satu capaian yang ingin kita peroleh dengan kegiatan seminar hasil ini adalah semoga kedepan pengembangan kewirausahaan lebih difokuskan dalam menunjang program MBKM,”katanya.

Sementara Dr. Eli Hami, M. Pd, ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Unimen mengatakan, tujuan seminar ini adalah bentuk implementasi dari hibah program MBKM Oleh Kemendikbud.

“Tujuan diadakan seminar hasil untuk mengimplementasikan hibah program MBKM dan pengabdian masyarakat berbasis hasil penelitian dan purwarupa PTS Ditjen Diktiristek Tahun Anggaran 2021 untuk memilih hasil riset dan pengabdian masyarakat yang terbaik dari Universitas Muhammadiyah Enrekang,”katanya.

Adapun Presentasi dan penelitian pengabdian yang disepakati oleh Civitas Akadeka Unimen memutuskan dua judul yang menjadi perwakilan untuk di seminar nasionalkan di kementerian Pendidikan dan kebudayaan jika masuk dalam 20 PTS terbaik se-Indonesia.

Untuk Penelitian, yakni Hubungan antara Konseling RET dengan Motivasi menyelesaikan tugas akhir Mahasiswa (Handayani Surabaya, M. Pd).

Berikutnya, Analisis Dampak Program E-KKN Tematik Berbasis MBKM di Universitas Muhammadiyah Enrekang (Rustiani, M. Pd).

Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Terbatas di Kabupaten Enrekang (Aminullah, M. Pd).

Analisis Ritual Massajo’ di Desa Pasang dalam rangka Penerapan Kebijakan Merdeka Belajar di Kampus Merdeka (Suherman, M. Pd).

Dan Penguatan Microteaching dalam Mendukung Program Kampus Mengajar (Ismail, M. Pd).

Untuk Pengabdian yakni, Pemberdayaan Kelompok Tani di Desa Perangian Menggunakan Pupuk Ramah Lingkungan Untuk Menghasilkan Sayuran Berbasis Organik (Suharman, SP., M.P).

Gerak Cipta Relawan Tangguh Sadar Psikososial Pasca Bencana (Mutmainnah, M. Pd)

Mengedukasi Pemuda Melalui Kegiatan Penyuluhan Sadar Wisata Desa Malalin Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang (Muliyadi, M. Pd).

Pendampingan program Pelatihan Gambar Rekayasa Teknik Menggunakan Software Autocad dan Sketchup Siswa-siswi Jurusan Teknik Konstruksi dan Properti pada SMK Latanro Kabupaten Enrekang (Irman Syarif, M. Pd).

Diklat Produksi, Distribusi dan Promosi Keripik Salongge Aneka Rasa di Desa Wisata Bambapuang Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang (Dian Firdiani, M. Pd).

Dan Produk Daun Kelor (Mouringa Oleifera) Sejuta Manfaat Khas Dusun Leon Desa Rossoan (Hasan, M. Pd). (EL)