Suardi Saleh Buka Even Berbasket Fest 2023

BARRU, timeberita.com — Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh M.Si buka even berbasket fest tahun 2023 di Lapangan Basket Perbasi Barru, Ahad (19/11/2023).

Festival bola basket ini merupakan yang kedua kalinya digelar, untuk tahun ini berbasket fest mengangkat tema “Oldschool but Gold”.

Kegiatan ini bakal berlangsung selama sepekan kedepan mulai 19 hingga 25 November nantinya.

Pembukaan berbasket fest ini ditandai dengan lemparan tip off oleh Bupati Barru, Suardi Saleh yang sambutan oleh peserta.

Pada kesempatan itu, Suardi Saleh mengucap rasa syukurnya, karena festival bola basket yang sama kembali digelar.

“Alhamdulillah, festival ini salah satu wujud kecintaan dan perhatian dalam rangka pengembangan sumber daya manusia terkhusus olahraga basket di Kabupaten Barru,” katanya.

“Terima kasih kepada Ketua Umum Perbasi Barru dan jajaran serta Panitia Pelaksana yang Alhamdulillah malam ini kegiatan Berrbasket Fest yang kedua setelah sebelumnya dimulai perdana tahun lalu,” tambahnya.

Menurutnya, Dalam rangka pengembangan olahraga prestasi termasuk basket, tentunya tidak bisa dilaksanakan secara instan dengan satu kali latihan atau satu pertandingan saja, kemudian kita sudah mendapatkan bibit atlet berprestasi.

Tetapi harus ada perencanaan yang komperensif secara menyeluruh, ada masterplan pengembangan keolahragaan, pembinaan, pelatihan yang secara terus menerus dan harus didukung dengan kegiatan seperti ini, sehingga anak-anak kita ada kesempatan untuk berlatih terutama latihan mental menghadapi lawan yang sesungguhnya dan yang paling penting juga harus didukung dengan sarana dan prasarana.

“Saya juga sangat mengapresiasi karena menjadi ruang kolaborasi berbagai sektor, panitia menyiapkan tenant untuk UMKM dan panggung ekspresi, jadi sambil menyaksikan pertandingan basket, kita juga melihat talenta seniman-seniman kita di Barru. Kepada peserta dari luar daerah, kami ucapkan selamat datang di Kabupaten Barru, semoga diberikan kekutan dan kesehatan dan insya Allah bisa mengikuti kegiatan ini secara keseluruhan dan bisa membawa hadiah untuk kabupatennya masing-masing,” pungkasnya.

Sementara, Ketua Umum Perbasi Kabupaten Barru, A.Rusman Rustam menyampaikan, kegiatan ini sebagai bentuk menunaikan amanah dari Bupati Barru yang mengarahkan agar even festival berbasket diselenggarakan tahunan.

“Alhamdulillah, Festival ini tidak hanya melibatkan anak-anak muda, tapi kami juga melibatkan UMKM untuk berpartisipasi menggelar dagangannya dan kami berharap bisa terus berlanjut, kemudian perkenankan pengurus Perbasi ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati atas perhatiannya sehingga tahun ini kami sudah memiliki lapangan 3/3 Portable, melengkapi lapangan 5×5 yang telah dibenahi,” katanya.

Sebelumnya, Panitia Pelaksana, Fajrul Wahyu melaporkan tema tahun ini adalah “Oldschool but Gold” dengan harapan agar setiap perlombaan nantinya bisa mengasah bakat dan karakter pemain sampai ke level tertinggi termasuk termotivasi dalam meraih medali-medali emas untuk daerah.

Diketahui, jumlah peserta yang akan berlaga sebanyak 33 Tim dari beberapa wilayah di Sulawesi Selatan yakni, tuan rumah Kabupaten Barru, Gowa, Pangkep, Makassar, Sidrap dan Kota Parepare.

Panitia yang terdiri dari pengurus Cabor, Mahasiswa dan Pelajar ini, juga menyuguhkan panggung ekspresi buat komunitas atau penggiat seni menjadi ruang kolaborasi semua sektor dalam hal positif.

Dalam kesempatan yang sama, dilakukan penyematan pita kepada Teguh Iswara Suardi yang diangkat dan dilantik sebagai Dewan Penasehat Perbasi Kabupaten Barru.

Turut hadir dalam kegiatan Kasubag dalops Polres Barru mewakili Kapolres Barru, Sekretaris Daerah Kab.Barru, Sejumlah Pimpinan OPD, Ketua KONI Barru, Pimpinan BRI Cabang Barru, Perwakilan Bank Sulsebar, Perwakilan Sponsor, Para Peserta BERRBASKET Fest 2023, dan Para pelaku UMKM. (AIQ).