PENKES

Saat Musim Pancaroba, Dr Renny AS Bagi Tips Jaga Pola Hidup Sehat

PAREPARE, timeberita.com – Menghadapi musim pancaroba, maka Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, dr. Renny Anggraeny Sari, berbagi tips agar tubuh tetap sehat.

Renny mengungkapkan, saat memasuki musim pancaroba, berbagai macam jenis penyakit dapat menyerang tubuh, penyakit yang sering timbul kata dia, adalah demam berdarah, ispa, influenza, dan beberapa penyakit lain.

“Musim pancaroba penyakit mudah menyerang namun bukan berarti tidak dapat dihindari, olehnya itu menjaga pola hidup sehat sehingga imun tubuh kuat,” jelasnya.

Selain menjaga pola hidup sehat seperti rajin berolah raga, kata Renny, menyarankan agar masyarakat menjaga pola makan, banyak mengonsumsi buah dan sayur- sayuran serta makanan sehat untuk mempertahankan hidup sehat dalam menghadapi musim pancaroba.

“Karena jenis makanan seperti sayur dan buah mengandung antioksidan tinggi yang dibutuhkan untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh,” terangnya.

Renny menambahkan, tubuh juga membutuhkan asupan protein daging yang cukup. Minum air putih minimal 8 gelas per hari untuk membantu membuang toksin dari dalam tubuh.

Pada kesempatan itu, Renny menyarankan untuk menjaga stabilitas pikiran agar tidak mudah stres selama musim pancaroba karena stres berkepanjangan dapat membuat sistem kekebalan tubuh melemah sehingga muda terserang penyakit. Kendalikan pikiran dengan cara lebih produktif.

Diketahui, musim pancaroba adalah masa terjadinya transisi atau pergantian antara dua musim, seperti musim kemarau menuju musim penghujan dan sebaliknya.

Saat musim pancaroba, tubuh seseorang dipaksa untuk terus beradaptasi terhadap kondisi cuaca yang tidak menentu. Seseorang yang memiliki kondisi imun rendah maka akan mudah terserang penyakit. (**)

 

Sudarmono

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting for http://sneeit.com