PENKES

RSUD Andi Makkasau Memberikan Edukasi Kesehatan Kepada Masyarakat

PAREPARE, timeberita.com – Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare telah menghadirkan cara unik dan kreatif dalam memberikan edukasi tentang kesehatan kepada masyarakat.

Salah satu inisiatif yang menarik perhatian adalah edukasi tentang kesehatan gigi dan mulut yang diselenggarakan oleh para dokter internship di ruang tunggu poliklinik rawat jalan RSUD Andi Makkasau, baru-baru ini

Kegiatan yang berlangsung di ruang tunggu RSUD Andi Makkasau itu, sukses menarik perhatian pasien dan keluarga yang sedang menunggu.

Empat dokter gigi internship, yaitu drg Muhammad Zul Fahrul Amin, drg Wahyuni Wahidin, drg Ravenske, drg Ulil Amri, dan drg. Annisa Ayah Esa Salwa, bertanggung jawab dalam memberikan edukasi pada kegiatan tersebut.

Edukasi tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan penting kepada pasien dan keluarganya tentang kesehatan gigi dan mulut.

Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare, dr Renny Anggraeny Sari, menjelaskan bahwa edukasi ini dipilih karena kesehatan gigi dan mulut memiliki peranan yang sangat penting.

Menurutnya, gigi dan gusi yang rusak dan tidak dirawat dengan baik dapat menyebabkan rasa sakit, gangguan pengunyahan, dan bahkan mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan.

“Bila tidak dibersihkan dengan baik maka sisa makanan yang tertinggal di gigi akan membentuk koloni bersama bakteri yang disebut plak,” katanya, Kamis (25/1/2024), yang dikutip bacapesan.com.

Dia menjelaskan, plak pada gigi dapat menyebabkan gigi berlubang juga bisa menyebabkan peradangan pada gusi yang disebut gingivitis. Dan bila dibiarkan akan bertambah parah menyebabkan penyakit periodontal yang akibat terburuknya bisa menyebabkan kehilangan gigi.

Mencegah gigi berlubang ada 4 cara, antara lain, mengurangi mengkonsumsi makanan manis dan asam, menyikat gigi 2 kali sehari, menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride dan melakukan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali.

“Seluruh inovasi yang dihadirkan, baik itu pelayanan maupun pengadaan alat kesehatan hingga edukasi seperti ini, merupakan bentuk perhatian dan pelayanan paripurna RSUD Andi Makkasau kepada masyarakat,” tandansya. (**)

Sudarmono

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting for http://sneeit.com