RSU Andi Makkasau Di Tangan dr Renny AS

Sejak berdirinya RSU Andi Makkasau dari masa ke masa dan pada saat di tangan dr Renny Anggraeny Sari, Mars, DPDK, RSU Andi Makkasau ini sudah banyak perubahan dalam pelayanan, motivasi dilakukan itu demi membangun kota Parepare menjadi kota Jasa pelayanan kesehatan, ini bisa di buktikan sekarang, dimana pembangunanya sudah mewah dan pelayanannya sudah memadahi.

Perlu diketahui berdiri RSU Andi Makksau ini sejak tahun 1924 dengan mengalami dua kali  peningkatan  status  dan  status terakhir  pada  tanggal  3  November  2010  yaitu  menjadi  Pola Pengelolaan    Keuangan    Badan    Layanan    Umum    Daerah (BLUD)   tingkat   penuh   berdasarkan   keputusan   Walikota Parepare No.475 Tahun 2010.

RSU Andi Makkasau ini pernah dipimpin oleh dokter berkebangsaan Belanda dan Pakistan, dan sudah mengalami 11 kali pergantian pimpinan dan sejak  8 Juni 2017dijabat oleh Pelaksana Tugas Sementara, dr.Hj. Renny Anggraeny Sari, MARS, DPDK.

Mengenai akreditasi RSU Andi Makaksau  sudah akreditasi  untuk  12  jenis  pelayanan  Pada tanggal    9    februari 2007    dengan    nomor    sertifikat  HK.00.06.3.5.739. dan Akreditasi  untuk  15  jenis  Pokjapada  tanggal  15  Mei  2017 dengan  hasil  predikat  kelulusan  tingkat  MADYA  dengan nomor : KARS-SERT/749/VI/2017.

Sejarah singkat RSU Andi Makkasau kota Parepare, Sulsel, sejak tahun 1924 telah didirikan Rumah sakit Umum di Kota Parepare yang saat itu masih         terletak di Jalan Ganggawa. Ada 2 orang Dokter Berkebangsaan Asing  yang bertugas saat itu yaitu dr. Debats dari Belanda dan dr. Maani dari Pakistan.

Pada tahun 1987 Rumah Sakit Umum berpindah lokasi dari Jalan Ganggawa ke Jalan Nurussamawati No. 9 dan juga berubah nama menjadi Rumah Sakit Umum Daerah Andi Makkasau, Yang diambil dari nama Pahlawan dari Kota Parepare. Dibangun dengan bantuan dari Bank Dunia.

Lalu. Pada tahun 1988, Rumah  Sakit  Tipe  Kelas  C  yang  secara  teknis  administrasi  maupun  secara  teknis operasional bertanggung  jawab  kepada  Walikota  Parepare  melalui  Sekretaris  Daerah  Kota Parepare,  serta  merupakan  rumah  sakit  rujukan  dari  beberapa  kabupaten/kota disekitarnya, utamanya dari kabupaten/kota di bagian utara Propinsi Sulawesi Selatan dan kabupaten/kota di Propinsi Sulawesi Barat.

Perkembangan RSU Andi Makkasau kota Parepare ini dari tahun 2005 tepat pada tanggal 10 Januari 2005, Rumah Sakit Umum Daerah Andi Makkasau Kota Pareparetelah  berhasil  memperoleh  sertifikat  akreditasi  penuh  tingkat  dasar  oleh  Tim  Komite Akreditasi  Rumah  Sakit  untuk  5  jenis  pelayanan,  antara  lain:  pelayanan  administrasi, pelayanan  medis,  pelayanan  gawat  darurat,  pelayanan  keperawatan  dan  pelayanan  rekam medis.

Lalu pada tahun tahun 2007 sekitar tanggal 9 Februari 2007, RSUD Andi Makkasau Kota Parepare berhasil memperolehsertifikat akreditasi penuh tingkat lanjutan oleh Tim Komite Akreditasi Rumah Sakit untuk 12  jenis  pelayanan,  antara  yaitu pelayanan  administrasi,  pelayanan  medis,  gawat  darurat, keperawatan,  rekam  medis,  bedah  sentral,  pelayanan  perinatal,  laboratorium,  radiologi, farmasi, pelayanan gizi, serta kesehatan dan keselamatan kerja.

Pada tahun 2009, Dalam perkembangannya lebih lanjut, RSUD Andi Makkasau Kota Parepare sebagai  salah satu    rumah  sakit    rujukan  di  Propinsi  Sulawesi  Selatan,  maka  pada  tanggal  7  Mei  2009, RSUD  Andi  Makkasau  Kota  Parepare  dinaikkan  statusnya  menjadi  Rumah  Sakit  Tipe  B Non  Pendidikan  berdasarkan  Keputusan  Menteri  Kesehatan  Republik  Indonesiadengan Nomor 343/Menkes/SK/V/2009.

Pada tahun 2010 sekitar tanggal 3 November 2010, RSUD Andi Makkasau Kota Parepare menerapkanPola Pengelolaan Keuangan BLUD Tingkat Penuh berdasarkan Keputusan Walikota Nomor 475 Tahun 2010.

Pada tahun 2011 RSU Andi Makkasau Parepare melakukan Renovasi Gedung Laboratorium, Kamar Bersalin, dan Radiologi, tahun 2012 manajemen melakukan peningkatan pelayanan sehingga membangun Gedung VIP yang baru.

Pada tahun 2013 pihak manajemen melakukan Renovasi Bangsal Infeksius, lalu tahun 2014 pihak manajemen melakukan pembangunan gedung ICU, Renovasi Gedung IGD, Nusa Indah, Anggrek, Infeksius, Pos Satpam, Asrama Residen, Rumah Dinas Direktur, Rumah Dinas Dokter, dan Asrama/Diklat.

Pada tahun 2015  pihak manajemen melakukan perubahan dengan erenovasi Gedung  IBS,  Gedung  OK  KB  dan  ditunjuknya  RSUD.Andi  Makkasau  sebagai Rumah Sakit resmi pemeriksaan kesehatan Calon Tenaga Kerja Indonesia.

Lalu pada tahun 2016 pihak manajemen RSU Andi Makkasau melakukan pembangunan Gedung Rawat Jalan dan gedung Administrasi / Kantor, Renovasi gedung Instalasi Gizi, Renovasi gedung Infeksius.

Pada tanggal 15 Mei 2017, RSUD Andi Makkasau Kota   Parepare berhasil memperoleh sertifikat akreditasi tingkat Madya dengan nomor. KARS-SERT/749/VI/2017 untuk 15 jenis pokja, antara lain: MKI, PPK, PMKP, MDGS, MFK, SKP, PP, PPI, AP, APK, HPK, MPO, KPS, PAB dan TKP.

Hingga sekarang tahun 2021-2022 bantuan dari pusat adana pembangunan gedung khusus pelayanan Covid-19, perkembangan pembangunan ini dilakukan demi pelayanan masyarakat kota Parepare dan diluar kota Parepare dalam bidang kesehatan. (redaksi)