Kerja Serabutan Cara Bertahan Dimasa Pandemi

PAREPARE, TIME EBRITA.COM — Kasus virus corona yang melanda seluruh belahan dunia sejak awal tahun ini, tentunya berdampak pada seluruh sendi kehidupan.

Bukan hanya pada kesehatan, tetapi juga pada sektor ekonomi. Hal itu dirasakan dengan minimnya peredaran uang, sehingga keuangan masyarakat mengalami penurunan secara drastis.

Seperti yang dialami oleh pengusaha warung makan di Pasar UKM Kota Parepare, Wero (47). Wero bersama istrinya mengelola warung makan sederhana di Pasar UKM ini harus berupaya untuk tetap bertahan dimasa pandemi.

Walau kondisi ekonomi yang terseok-seok karena sepinya pengunjung. Bahkan sejak virus corona ini masuk diwilayah Kota Parepare, omset dagangannya turun dan tak dapat dibendung.

Pemerintah Kota Parepare yang menerapkan protokol kesehatan dan memberlakukan penutupan kegiatan usaha dan tempat keramaian ditutup.

Wero yang hanya mengandalkan usaha warungnya, harus bantung tulang untuk tetap bertahan hidup bersama keluarganya dimasa pandemi. Baginya kerja serabutan adalah pilihan untuk tetap mendapat upah agar bisa hidup.

Keuangan yang tersimpan rapi, hasil dagangannya pun sudah terkuras untuk biaya hidup sehari-hari.

Wero saat ini, harus berbagi waktu bersama instrinya agar usaha warungnya tetap jalan dan tidak mesti ditutup.

Di warung sederhananya, Wero, tetap menerapkan protokl kesehatan, dengan menyediakan tempat cuci tangan, jaga jarak dan menggunakan dan menyediakan masker.

Bahkan label, peringatakan protokol kesehatan pun detempel di pintu masuk warungnya.

Bagi pengunjung, meja dan kursi, diatur dengan jarak tertentu untuk meja yang satu dengan meja yang lainnya.

“Saya harus kerja serabutan, untuk menambah penghasilan. Apa saja bisa dikerja yang penting halal,”katanya.

Menurutnya, mengatur keuangan dimasa pandemi saat ini, memang sulit. Tapi tidak mesti berputus asa dan memilih jalan lain.

“Yang perlu kita syukuri, karena kita dapat terhindar dari virus. Selain meningkatkan imun tubuh dan tetap menerapkan protokol kesehatan, tentunya meningkatkan keuangan juga lebih penting,”ujarnya.(*)

REDAKTUR

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting forĀ http://sneeit.com