Viral, Netizen Protes Oknum Dokter Kritisi Evakuasi Mayat Bencana Alam Tanpa Pakai APD Covid-19

MASAMBA, TIME BERITA .com — Viral, seorang oknum dokter live dimedia sosial facebook yang menyesalkan evakuasi mayat ke Rumah Sakit Hikmah Masamba tidak menggunakan protokol Covid-19.

Dalam rekaman video berdurasi 2.53 itu, tampak seseorang yang mengaku sebagai dokter menyesalkan prilaku anggota TNI, Polri, hingga Ormas yang melakukan evakuasi mayat korban banjir bandang tanpa menggunakan APD.
Bahkan, yang paling disesalkannya adalah mayat hasil evakuasi yang dimasukkan ke RS Hikmah yang tidak mengikuti protokol Covid-19.

Video singkat yang berisi pernyataan dokter mengkritisi aparat TNI, Polri, serta Relawan yang tidak menggunakan standar Covid dalam mengevakuasi korban banjir bandang yang menimpa masyarakat Luwu Utara tersebut telah ditonton lebih dari 18 ribu kali.
Sejumlah nitizen pun mengecam pernyataan oknum yang mengaku sebagai dokter tersebut.
“Coba z lihat, sya lempar lumpur di mukanya,” tulis Heben Neiser menanggapi pernyataan oknum yang mengaku dokter tersebut.

“Tenggelamkan bersama lumpur,” tulis akun Hajar menanggapi pernyataan oknum yang mengaku dokter dan mengaku sedang live di RS.Hikmah Masamba tersebut.

Dalam postingan video terpisah, salah satu nitizen menulis, “Jangan cari gara-gara boss. Tidak masuk akal korban banjir bandang mau kau makamkan secara covid, dan mau juga evakuasi jenazah pakai APD. Tidak masuk akal,” tulis akun Bang Wais.
Pernyataan yang tak kalah keras datang dari nitizen Herman Katana.

“Kau tinggalkan luwu utara secepatnya dengan Tim Pocongmu. Kalau tidak mau, bisa2 relawan atau masyarakat luwu utara yang tenggelamkan kau dilumpur. Baru kau dikubur protap covid,” Tulisnya.

Akun Heman Katana
Pernyataan yang bernada singgungan pum dilontarkan akun Hasta Sutanda. Didalam pernyataannya yang panjang, Hasta Sutanda bahkan menyebut oknum tersebut sebagai orang berilmu tapi tidak beradab. “Anda berilmu tapi tidak ber-adab. Anda berilmu tapi tidak menggunakan logika sehat,” sindirnya.

Hasta Sutanda bahkan mempertanyakan maksud oknum dokter yang disebutnya “Pak Hisbullah Amin” tersebut membuat video dan merekamnya.

Dalam tulisannya, Hasta Sutanda pun seolah menantang oknum tersebut melakukan penyisiran dan evakuasi mayat yang tertimbun lumpur menggunakan APD Standar.

“Apakah anda siap mengevakuasi dan menyisir langsung mayat yang tertimbun lumpur dengan perlengkapan APD standar nasional yang berdasarkan anda katakan.?” tanya Hasta dengan nada menantang.

Akun Hasta Sutanda menanggapi pernyataan oknum dokter yang dipanggilnya “Pak Hisbullah Amin”

Selain tersebar lewat media facebook, video singkat yang diakuinya diambil didekat UGD RS.Hikmah Masamba itu ternyata juga telah menyebar di chanel youtube, hingga group whats app.
Hingga berita ini ditayangkan, belum ada klarifikasi dari pihak Rumah Sakit Hikmah Masamba menyikapi persoalan tersebut. Oknum yang membuat video live diarea RS. Hikmah Masamba itupun belum memberikan tanggapan.

(Sumber libasnews)

REDAKTUR

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting for http://sneeit.com