Jumlah Pelatih Di Sulsel Masih Minim

PAREPARE, timeberita.com — Data Asosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia (APSSI) Sulsel mencatat jumlah pelatih yang berlisensi di Sulawesi Selatan (Sulsel) hanya berkisar 400 sampai 500 orang. Hal itu disampaikan Ketua APSSI Sulsel Marwal Iskandar yang ditemui di Hotel Bukit Kenari, Senin (31/10/2022) malam.

Dia mengatakan, tidak hanya di Sulawesi Selatan, secara nasional APSSI mencatat jumlah pelatih hanya berkisar 7.000 orang.

Menurutnya, Pelatih di Sulsel dari jumlah yang ada baru, sekitar 12 orang yang berlisensi B, satu orang yang berlisensi A dan satu orang lisensi pro. Selebihnya itu baru berlisensi C dan D dan ini sangat kurang.

“Setiap daerah itu harusnya memiliki minimal 10 orang pelatih yang berlisensi C untuk mendampingi Liga Suratin dan Liga 3,”katanya.

Dia menambahkan, Saat ini pihaknya melakukan koordinasi dengan Askot/Askab agar para pemain yang ikut di SSB untuk persiapan Liga Suratin dan Liga 3 itu harusnya didampingi oleh pelatih yang berlisensi.

“Agar cara bermain anak-anak lebih baik. Setidaknya tidak lagi terjadi kerusuhan,”katanya.

Dia menambahkan, Khusus di Kota Parepare ini sudah dilakukan kursus pelatih dan tahun ini kembali dilaksanakan oleh Orenz United.

“Ini dapat dicontoh oleh daerah lain untuk terus mencetak pelatih -pelatih yang berlisensi,”katanya.

Tidak hanya itu, Pihaknya akan membentuk APSSI disetiap daerah agar dapat mengontrol pelatih yang mendampingi SSB yang ada.

“Insyallah Parepare dalam waktu dekat pengurus APSSI akan dilantik dan dikukuhkan,”tutupnya.(*)