Dua Tersangka Dugaan Korupsi Dana Dinkes Berharap Ke Pemkot Siapkan Pengacara Gratis

PAREPARE, timeberita.com – Dua tersangka inisial JA dan ZD kasus dugaan korupsi dana Dinkes sebesar Rp. 6,3 milyar tahun 2018 berharap didampingi pengacara dari Pemerintah kota (Pemkot) Parepare secara gratis.

Sementara pihak pemerintah kota Parepare belum memberikan sinyal kedua tersangka tersebut apakah Pemkot melalui Korpri siapkan pengacara atau tidak.

Padahal pemeriksaan kedua tersangka akan dilakukan oleh penyidik pada hari Kamis (23/6/22) pekan depan, bila mana tidak didampingi pengacara maka penyidik Polres Parepare berhak menunjuk penasehat hukum sebagaimana di atur pasal 54, pasal 55 dan pasal 56 KUHP tentang hak-hak tersangka untuk mendapat bantuan hukum.

Kabag hukum Pemkot Parepare, Hj. Nurawana mengatakan pihak Pemkot Parepare belum menyiapkan pengacara kepada kedua tersangka.”kami belum siapkan, karena masih dalam kordinasi dengan atasan,”jelasnya, Jumat (17/6/22)

Nurwana menambahkan bahwa bukan Pemkot yang siapkan pengacara tapi organisasi Korpri yang nanti siapkan pengacara itupun yang ASN aktif.”Jadi hanya ASN saja yang aktif rencana di siapkan pengacara, tapi itupun atas kebijakan pimpinan,”jelasnya.

Nurwana akan kordinasi dengan pihak Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) kota Parepare terkait ASN yang aktif untuk disiapkan pengacara.

“Saya kordinasi dulu pak dengan pihak BKPSDMD dan pimpinan terkait ASN jadi tersangka untuk diberi bantuan hukum,”katanya.

Terpisah, ZD dihubungi via seluler mengakui kalau dirinya tidak akan dibantu oleh Pemkot karena bukan lagi ASN aktif.

Harapan ZD untuk mendapat bantuan hukum dari Pemkot sudah sirna dan ia siap menghadapi masalah ini saat diperiksa oleh penyidik.

“Iye cocok mi dek, pensiunan tdk lagi didampingi, saya menghadap dulu ke Polres (penyidik) menanyakan berbagai hal berkaitan dengan pendampingan saya,”kata ZD melalui via WhatsApp. Jumat (17/6/22)(**SMR)

Sudarmono

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting for http://sneeit.com