Disdukcapil Terus Berinovasi Layani Penerbitan Administrasi Kependudukan

PAREPARE, TIME BERITA.COM — Dinas Kependudukan Dan Pencatatam Sipil Kota Parepare saat ini terus berinovasi untuk pelayanan dan penerbitan administrasi kependudukan masyarakat.

Pelayanan penerbitan administrasi kependudukan saat ini melayani dengan sistem online dan tatap muka. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Dukcapil Kota Parepare Adi Hidayat, Rabu (24/03/2021)

Untuk penerbitan dokumen kependudukan melalui pihak kedua harus melampirkan surat kuasa dari pemohon.

“Jika dikuasakan atau diwakilkan, harus melampirkan surat kuasa,”katanya.

Selain itu, Dokumen kependudukan yang diterbitkan sesui format digital dan ditandatangani secara elektronik dan KTP-el tidak perlu dilakukan pengesahan.

“Aturan itu sesuai Permendagri nomor 104 tahun 2019 tentang Pendokumentasian Administrasi Kepedudukan. Ini untuk pengurusan diinstansi terkait yang biasanya meminta pengesahaan, susuai Permendagri ini, tidak perlu lagi disahkan,”Jelasnya.

Dia menambahkan, Saat ini pengurusan dokumen kependudukan tidak ada kendala.

“Layanan online dan layanan tatap muka kami maksimalkan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,”ujarnya.

Menurutnya, Kecenderungan masyarakat untuk pengurusan Administrasi itu beralih ke layanan online, karena pengurusan dokumen bisa mereka lakukan tanpa harus datang ke kantor.

“Kecuali untuk penerbitan KTP-el dan KIA,”katanya.

Dia mengakui, Layanan selama Bulan Maret didominasi perbaikan data, khususnya untuk kepentingan pendidikan dengan melampirkan dokumen pendukung.

“Layanan di luar hari kerja juga kami maksimalkan untuk meningkatkan cakupan kepemilikan dokumen masyarakat. Kami senantiasa berupaya untuk mewujudkan layanan administrasi kependudukan (Adminduk) yang membahagiakan,”ujarnya.

Dia berharap, saran, masukan dan kritik masyarakat untuk perbaikan dan penyempurnaan layanan Disdukcapil.(*)

Sudarmono

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting forĀ http://sneeit.com