Bawaslu Kolaborasi KPU Sosialisasi Peraturan Pilkada

SOPPENG, TIME BERITA.COM — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kolaborasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Soppeng melaksanakan sosialisasi peraturan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Aula Makodim 1423 Watan Soppeng, Jalan Merdeka, Kelurahan Lapajung, Kecamatan Lalabata, Selasa (21/07/2020)

Dandim 1423 Soppeng yang diwakili Kasdim Mayor Inf M Nasruddin,SE mengucapkan, terima kasih kepada ketua KPU dan Bawaslu atas kehadirannya untuk mensosialisasikan aturan aturan dalam pilkada tahun 2020.

Menurutnya, mengenai Netralitas,TNI-Polri dalam Pilkada sudah menjadi kewajiban untuk dipatuhi.

“Karena Persit memiliki hak suara untuk memilih hanya saja ada batas yang harus diketahui dan tidak boleh di antar sama suaminya ke TPS,”ujarnya.

Ditempat yang sama Ketua KPU Kabupaten Soppeng Muh Hasbi mengatakan, Pemilu, TNI-Polri harus netral.

Dia menambahkan, pihaknya berupaya maksimalkan untuk menghadirkan pemilih ke TPS pada 9 Desember nantiny,walaupun dalam situasi pademi Covid 19.

“Kami akan siapkan protokol kesehatan di setiap pintu masuk TPS,Jaga jarak serta himbauan tetap pakai masker,”katanya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kabupaten Soppeng Winardi menyebutkan, Pelanggaran Netralitas TNI di atur dalam UU No.10 Pasal 71 ayat (1).

Pasal ini menyebutkan, Pejabat Negara,pejabat daerah,pejabat Aparatur Sipil Negara,anggota TNI/POLRI,dan Kepala Desa atau sebutan lain/Lurah dilarang membuat keputusan dan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon.

Dia menambahkan, istri TNI aktif punya hak pilih yang harus digunakan secara baik di TPS.

“Saat ini pemurakhiran data, pencalonan, Kampanye bagi TNI dan persit dilarang melibatkan diri dan mendukung salah satu pasangn calon,”tutupnya.(Ono)

REDAKTUR

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting forĀ http://sneeit.com