HOME

Pemkab Enrekang Buka Posko Dan Dapur Umum

ENREKANG, TIME BERITA, — Banjir yang merendam wilayah perkotaan Kabupaten Enrekang akibat dua Sungai besar yang melintasi kota Enrekang,yakni sungai Saddang dan Sungai Mata Allo meluap. Banjir ini sudah merendam sebagian wilayah Kabupaten Enrekang sejak Minggu 28 April hingga hari ini Selasa (30/04).

Dampaknya,pemukiman warga,pasar tradisional, perkantoran dan sejumlah sekolah juga ikut terendam banjir.

Meluapnya air Sungai Saddang dan Sungai Mata Allo,dikarenakan wilayah ini sudah diguyur hujan selama tiga hari terakhir yang berturut-turut. Dan puncak banjir pada Senin (29/04) dini hari. Dimana air dipemukiman warga setimggi dada orang dewasa.

Pemerintah Kabupaten Enrekang langsung mengerahkan pasukan Tim Reaksi Cepat (TRC) dari BPBD untuk melakukan evakuasi dan membantu warga korban banjir.

Hal tersebut dilakukan sebagai langkah dan upayah untuk mengantisipasi adanya korban jiwa. Selain itu, pihak pemerintah juga menyediakan dapur umum bagi warga.

“Sebanyak 32 TRC yang diterjunkan untuk melakukan evakuasi warga.Mereka melakukan penyisiran wilayah yang terdampak para, seperti di area Sungai Saddang,”kata Lukman Dering,Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Enrekang.

Dia menyebutkan,Selain wilayah perkotaan,sejumlah wilayah di pedesaan juga terendam banjir. Seperti di Desa Pinang, Desa Pundilemo, Desa Lebang dan Desa Malalin, Kecamatan Cendana.

“Wilayah ini memang sangat rawan karena berada di aliran Sungai Saddang. Yang teraparah adalah,jembatan gantung yang ada di Desa Tungka, Kecamatan Enrekang, karena jembatan gantung itu ambruk,”jelasnya.

Menurutnya,Jembatan tersebut merupakan jembatan yang menghubungkan antara Dusun Tungka dan Dusun Galung. “Untuk menuju ke Dusun Tungka dan Dusun Galung, warga terpaksa menggunakan jalur alternatif dengan berjalan kaki sepanjang tiga kilometer melewati Desa Buttu Batu dan Desa Temban,”katanya.

Posko bersama dan dapur umum dibuka pemerintah Kabupaten Enrekang melalui BPBD yang bekerjasama dengan Dinas Sosial, Baznas dan instansi lainnya menyalurkan bantuan berupa makanan dan minuman.(Suka)

Sudarmono

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting for http://sneeit.com