Unismuh Gelar Bimtek Pengisian Online LKPS dan LED

MAKASSAR, timeberita.com — Unismu gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengisian Online LKPS dan LED berbasis standar 9 di Gedung Balai Sidang Muktamar Kampus Unismuh, Sabtu (08/01/2022).

Kegiatan ini dibuka Wakil Rektor I  Bidang Akademik Unismuh Makassar, Dr Ir H Abd Rakhim Nanda, Ketua Badan Penjaminan Mutu, Dr Burhanuddin, M. Si dan Sekretaris BPM, Amrullah Mansida, ST, MT, I.P.M.

Wakil Rektor I, Rakhim Nanda, mengatakan Unismuh Makassar saat ini dalam upaya menuju unggul.

Oleh karena itu proses pengembangan pendidikan dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Muhammadiyah tidak boleh stagnan.

Pendidikan harus terus berkembang  dari pendekatan monodisipliner, kependekatan interdisipliner lalu  kependekatan transdisipliner.

Dikatakan Rakhim Nanda, Unismuh dalam menuju unggul maka dibeberapa prodi perlu dilakukan pendekatan pendidikan secara interdisipliner.

Rakhim Nanda mengakui banyak mahasiswa Unismuh terutama dari Ma’had Al-Birr dimasyarakat diakui hebat tetapi ketika diminta menyiapkan metode pembelajaran mereka tidak bisa.

Terkait dengan pendidikan interdisipliner, misal mahasiswa Ma’had Al- Birr mesti mengambil lagi matakuliah ilmu teknologi pendidikan, begitu pula mahasiswa pertanian  dan juga teknik harus memiliki pengetahuan non pertanian atau non teknik

Mahasiswa dengan program MBKM dituntut tidak saja hanya bisa menguasai bidamg ilmu yang digelutinya, tetapi juga dalam kemampuan pribadi dapat pula menguasai bidang ilmu lain dan ini  harus segera di dorong.

Sebenarnya, kata Rakhim Nanda, dalam periode pembenahan sistem yang terintegrasi ini agar pengambil kebijakan bisa langsung mengetahui kondisi terkini Unismuh Makassar dan ini juga  membantu pimpinan dalam mengambil sebuah keputusan.

Sementara itu Ketua BPM Unismuh, Dr Burhanuddin dalam penjelasannya mengatakan, bimtek pengisian online LKPS dan LED berbasis 9 kriteria akrditasi adalah kegiatan yang sangat urgen untuk  masa depan prodi maupun institusi.

Dikatakan bimtek pengisian online LKPS dan LED  oleh NPM Unismuh sudah menjadwalkan dua bulan lalu, namun karena keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM), maka baru kali ini bisa dilaksanakan.

Ada tiga Instrumen program studi  yang akan dibangun, yakni instrumen akreditasi versi 4.0, instrumen audit mutu internal secara online dan instrumen monitoring dan evaluasi secara online.

Kegiatan ini sangat membantu prodi dalam pengiaian borang akreditasi secara online.

Diharapkan pula setelah bimtek pengisian online LKPS dan LED tidak lagi kesulitan dalam pengisian borang secara online.

Dan bagi yang  tergabung di LAMKes, Lamemba dan LAM Teknik terkait pengisian LKPS dan LED harus menyesuaikan dengan instrumen masing- masing dan untuk mencapai unggul parameternya harus bisa melampaui standar internasional.(El)

Sudarmono

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting for http://sneeit.com