Unimen Hadirkan BK Di Desa Rossoan

ENREKANG, timeberita.com — Universitas Muhammadiyah Enrekang (Unimen) hadirkan Bimbingan dan Konseling (BK) di Desa Rossoan melalui kegiatan HIMA Mittaman Kampong, Senin (03/01/2022).

Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian untuk masyarakat.

Ada 3 Divisi yang tergabung dalam kegiatan ini yakni, Divisi Kewirausahaan, Organisasi dan Divisi Nalar Abdi.

Dalam kesempan tersebut, Kepala Prodi Bimbingan dan Konseling Unimen, Muhammad Junaidi Mahyuddin mengatakan, Kegiatan ini bertujuan untuk memperdalam pengertian, penghayatan, dan pengalaman Mahasiswa.

“Baik, cara berfikir, bekerja dalam interdisipliner dan lintas sektoral,”katanya.

Tak hanya itu, Hasil pendidikan dan penelitian ini sasarannya untuk pembangunan daerah pedesaan pada khususnya.

serta, Mendewasakan pola pikir mahasiswa dalam setiap menganalisis dan menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat secara pragmatis ilmiah.

Dan membentuk sikap dan rasa cinta, kepedulian sosial, dan tanggung jawab Mahasiswa terhadap kemajuan masyarakat.

Dia menambahkan, Untuk membina Mahasiswa agar menjadi seorang inovator, motivator, dan problem solving.

“Saat ini Desa Rossoan adalah sebagai laboratorium Prodi Bimbingan dan Konseling Unimen,”ujarnya.

Sementara, Nur Hilmy Persada, Ketua HIMA Prodi BK yang juga selaku penanggung jawab mengatakan, Kegiatan ini memiliki konsep yang lebih penekanan pada anak-anak mulai TK hingga SMP.

“Kami melakukan pendekatan permainan tradisonal kepada anak-anak.Karena dari hasil kajian literatur dan observasi di beberapa tempat, Kami temukan bahwa anak-anak sekarang ini lebih dekat dengan permainan yang hits sekarang ini seperti Mobile legend,”katanya.

Untuk itu, pihaknya membentuk tim untuk mengidentifikasi permainan tradisonal yang ada di Desa Rossoan.

Kegiatan ini nantinya akan menghasilkan output yaitu Buku permainan tradisional dan cerita rakyat yang ada di Massenrempulu.

“Kami tidak hanya datang duduk dan bermain. Tetapi jauh lebih dari itu, yang kami lakukan adalah kegiatan yang menghasilkan sesuatu,”katanya.

Ini ebagai langkah awal dan memilih Desa Rossoan untuk kegiatan tahun ini.

Dia menyebutkan, Sejumlah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan yakni, Gelar Lorong Pustaka, Sosialisasi Cyber Counseling, Dialog Kepemudaan, Konseling Preneurship, Bimbingan Belajar, Piknik Ceria, Baksos, Nonton Film Edukasi (Keluarga Cemara), dan terakhir adalah Festival Permainan kampung atau Tradisional.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, Kami bisa diterima dengan baik oleh masyarakat.Terkhusus kepada Bapak Kepala Desa Rossoan kami mewakili teman-teman mengucapkan terima kasih,”ucpanya. (El)

Sudarmono

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting for http://sneeit.com