SMSI Hadir Untuk Menangkal Berita Hoaks

PAREPARE, TIME BERITA.COM — Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) hadir untuk menangkal berita hoaks yang selama ini beredar di masyarakat. Hal itu dikatakan Ketua SMSI Provinsi Sulsel, Rasyid Al Farisi saat pelantikan pengurus SMSI Kota Parepare di Gazzas Cafe, Jumat (04/12/2020).

Dia mengatakan, Perusahaan media yang bergabung di SMSI adalah perusahaan memiliki legilitas dan berbadan hukum.

Dia berharap, SMSI Kota Parepare melakukan pembinaan terhadap pengurus dan keanggotaannya.

“Harus melakukan pembinaan ke bawah dan tidak boleh bergabung ke SMSI kalau tidak ikut kompetensi atau UKW, wartawan SMSI harus ikut kompetensi,”katanya.

Dia menyebutkan, SMSI sudah terbentuk di 34 provinsi di seluruh wilayah Indonesia. Melalui SMSI pembinaan anggota dikembangkan di seluruh daerah.

“Media online tidak hanya memiliki domain saja. makanya SMSI mengajak perusahaan media siber bergabung dengan syarat memiliki
legilitas dan berbadan hukum serta mengantongi sertifikat kompetensi,”katanya.

Menurutnya, peran SMSI sangat strategis menjadi mitra Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare. Apalagi sudah ada tujuh media memenuhi syarat yang bergabung di SMSI Parepare.

“Wartawan bekerja secara profesionalisme dan bertanggungjawab ke masyarakat atas kerjanya,”katanya.

Dia menambahkan, SMSI sebagai mitra kerja pemerintah daerah (Pemda) dalam membangun daerah.

“Saya juga yakin selama ini Pemda yang paling banyak menyampaikan program melalui media. Terkadang juga Pemda sibuk menangani pemberitaan hoaks. Tapi media yang bergabung di SMSI tidak ada berita hoaks, Jika ada tentu akan ditertibkan,”tegasnya.

Untuk itu, Anggota atau pengurus SMS harus melahirkan pemberitaan dalam situasi kondisi yang kondusif.

“Jangan ragu bermitra dengan SMSI karena saya yakin mereka ini menegakkan marwah wartawan,”tutupnya.(*)

Sudarmono

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting forĀ http://sneeit.com