Peluang Erat Jadi Ketua Golkar Mulus ?

* Fit And Propertest Bukan Suatu Kewajiban

PAREPARE, timeberita.com – Dua calon kandidat Ketua DPD II Golkar Parepare telah memenuhi tahapan yaitu tahapan penjaringan, tahapan pencalonan dan tinggal tahapan pemilihan yang dilaksanakan, Jumat (9/12/2021).

Dua kandidat yakni, Erna Rasyid Taufan (Erat) dan Taqjuddin Djabbar (TQ) keduanya sudah melalui tahapan Fit and Propertes.

Nampak, Ketua DPD I Sulsel, Dr. H. M Taufan Pawe (TP) yang turun langsung melakukan uji kelayakan atau fit and ptopertes terhadap kedua calon kandidat.

Termasuk Erat yang di uji oleh TP yang juga adalah istrinya sendiri, Rabu (8/12/2021) di kantor Partai Golkar DPD I Provinsi Sulsel.

Sehingga banyak menuai pertanyaan diluar eksternal partai berlambang pohon beringin ini, bahwa kenapa bisa ketua Golkar DPD I Provinsi yang melakukan test kepada Erat apakah tidak ada lagi penguji lain, ini demi profesional dan etika dalam melakukan uji fit and propertest.

Saat wartawan menghubunhi panitia pelaksana Musda x Partai Golkar Amran Hamdani selaku OC dan Kaharuddin selaku SC tidak terlalu banyak komentar, keduanya mengatakan soal fit and propertest itu rananya pihak DPD I Partai Golkar Provinsi Sulsel.

“Maaf, itu bukan ranah kami,”kata Amran Hamdani dan Kaharuddin saat dihubungi via seluler secara terpisah.

Begitu juga di katakan, Plt DPD II Partai Golkar Parepare, Herman Hezer tidak mau komentari soal pelakanaan kegiatan fit and propertest.

Terpisah, menurut Wakil sektetatis DPD I Golkar Provinsi Sulsel, M. Yusuf MR, mengenai acara fit and propertest bukanlah suatu persyaratan mutlak atau kewajiban tapi ini dilakukan hanya untuk mengetahui para calon mengenai tujuannya untuk menjadi ketua Golkar.

“Jadi uji fit and propertest ini bukan suatu Kewajiban atau syarat mutlak, atau aturan dari ARD ART, tapi ini hanya inovasi dari kami pengurus DPD I Provinsi Sulsel untuk mengetahui tujuan para calon untuk menduduki ketua Partai Golkar Parepare,”jelasnya.

Tidak adanya aturan soal masalah fit and propertest bukan berarti para calon wajib mengikuti uji fit tersebut atau digugurkan,”sebelumnya para calon di tanya apakah siap di uji atau tidak, jika tidak maka bukan berarti calon tersebut gugur karena itu bukan syarat mutlak, tapi karena calon semua mengikuti proses ini maka semua berjalan aman,”tuturnya.

Memgenai masuknya TP selaku ketua DPD I partai Golkar Provinsi Sulsel menjadi tim penguji kedua calon dimana juga menguji Erat yang juga Istrinya sendiri menurut Yusuf itu sah-sah saja bahkan TP tetap mengedepankan profesionalisme untuk menguji Erat walaupun itu istrinya.

“Bahkan saat pak TP menguji Erat, dia (TP) itu mencercah pertanyaan kepada Erat dan semuanya terjawab, tidak ada yang disitimewakan dalam ujian ini semua sama, bahkan 23 kabupaten/kota di Sulsel, pak TP turun langsung menguji,”jelasnya.

Ditambahkan Yusuf, besok Jumat sudah penentuan siapa yang terpilih menjadi ketua Golkar Parepare maka itulah terbaik. (Smr)

 

Sudarmono

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting forĀ http://sneeit.com