Maraknya Isu Aksi Penculikan Anak, Gubernur Langsung Keluarkan Surat Edaran Ke Dinas Pendidikan Se-Sulsel

PAREPARE, timeberita.com – Kasus penculikan dan pembunuhan di bawah umur terjadi di Makassar membuat orangtua kuatir kepada anaknya ke sekolah.

Bahkan berbagai isu aksi penculikan semakin marak di wilayah Sulsel sekarang ini sehingga Gubernur mengeluarkan surat edaran kepada dinas pendidikan se Sulsel.

Ada 8 Point penting yang dikeluarkan surat edaran Gubernur Sulsel dengan nomor: 420/0349/Disdik tertanggal 13 Januari 2023 di tanda tangani Aslam Patonangi sebagai sekda Pemrov Sulsel atas nama Gubernur.

Dalam Point surat edaran itu diminta kepada para kepala sekolah Se-Sulsel untuk memperketat pengawasan dan penjagaan lingkungan Sekolah untuk melindungi peserta didik dari tindakan kriminalitas mengenai penculikan anak.

Kadis Pendidikan Parepare, Arifuddin mengaku sudah menerima surat edaran dari Gubernur dan sudah diteruskan kepada para kepala sekolah se Kota Parepare baik tingkat Paud, SD, SMP maupun SMA.

Dinas pendidikan sudah membentuk posko gerak cepat dengan melibatkan pihak sekolah, aparat keamanan, dan orangtua peserta didik.

“posko gerak cepat melibatkan aparat keamanan dan pihak sekolah jika ada di curigai maka langsung ditindak lanjuti,”jelasnya.

Bahkan diiimbauhkan kepada para kepala sekolah agar membuat group WhatsApp dengan melibatkan orangtua peserta didik.

“Jadi jika ada anak Peserta didik tidak ke sekolah tanpa ada informasinya maka kami segera hubungi orangtuanya baik melalui group WhatsApp maupun langsung datangi rumahnya demi keselamatan peserta didik,”katanya.

Yang paling penting adalah komunikasi antara pihak sekolah dengan kedua orangtua peserta didik tersebut.”bukan saja masalah kriminalitas penculikan tapi soal tawuran dan bahaya narkoba juga harus diperhatikan demi keselamatan peserta didik kita,”tuturnya. (**)