Lembaga Hukum Gelar Rapat Evaluasi Sidang Online

PAREPARE, TIME BERITA.COM — Tiga lembaga hukum Kota Parepare melibatkan Posbakum menggelar rapat koordinasi evaluasi
pelaksanaan persidangan online atau virtual di ruang rapat Kepala Kejakasaan Negeri Parepare, Rabu (25/11/2020).

Tiga lembaga hukum itu yakani, Pengadilan Negeri (PN), Kejaksaan Negeri Parepare dan LPKA Kelas IIB Parepare.

Kajari Parepare Amir Mengatakan, Rapat ini membahas soal persidangan virtual yang dilaksankan selama masa pandemi covid19.

Dia mengaku, Kendala yang dialami penasehat hukum, biasanya keterlambatan menerima dakwaan atau tuntutan dari jaksa, sehingga
untuk mengajukan eksepsi dan pledoi lambat.

“Ini yang harus kita antisipasi agar tidak terulang lagi. Jaksa diminta agar bekerja lebih maksimal lagi, karena ini demi memenuhi hak-hak terdakwa dalam persidangan,”katanya.

Sementara, Wakil ketua PN Parepare, Khusnul khatimah mengaku, kendala yang dialami ada pada penyerahan berkas dakwaan.

Sebagai solusi berkasnya harus dikirim melalui email, agar lebih cepat dan efektif. Makanya perlu kerjasama semua pihak agar tidak ada kendala pada pengiriman berkas kedepannya.

“Saat ini kami sudah terima alamat email dari Posbakum. Semoga saja Jaksa segera mengirim alamat emailnya. ini untuk lebih memudahkan dalam pengiriman berkas dakwaan, tuntutan dan sebagainya,”katanya.

Menurutnya, Sesuai Perma nomor 04 tahun 2020 tentang sistem persidangan. Menyebutkan, Jika ada gangguan elektronik bisa diskors beberapa menit tetapi jika 60 menit gangguan teknis elektronik masih berlanjut maka sidang di tunda sesuai jadwal persidanganan yang ditentukan.

“Yang menjadi masalah, jika ditunda terus itu berdampak pada masa tahanan bagi terdakwa. Bisa saja habis sebelum putusan. inilah yang perlu kita pikirkan bersama,”katanya.

Ditempat yang sama, Simung mewakili Kepala LPKA Kelas IIB Parepare menyampaikan, terkait informasi jadwal persidangan agar terdakwa dapat disiapkan sebelum sidang berlangsung.

Tidak hanya itu, penyampaian nama saksi yang dihadirkan di LPKA Kelas IIB Parepare perlu kiranya disampaikan sebelumnya.

“Ini untuk mengetahui, siapa saja orang yang berkunjung ke LPKA Kelas IIB Parepare. Saksi yang masuk harus ada rekomendasi atau
surat izin dari Pengadilan Negeri supaya tidak sembarang orang masuk,”tuturnya.

Untuk diketahui, Jadwal rapat evaluasi sidang online akanĀ dilaksanakan di LPKA Kelas IIB Parepare, setelah pelaksanaannya di Pengadilan Negeri Parepare.(Smr)

Sudarmono

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting forĀ http://sneeit.com