Kalahkan Inggris Drama Adu Pinalti, Italia Winner Piala Euro 2020

LONDON, timeberita.com — Tim Italia menjadi winner piala eropa (euro) 2020 dengan mengalahkan tim nas Inggris dalam laga drama adu pinalti di Stadion Wembley, London, Sernin (12/7/2021) dini hari.

Kemenangan Gli Azzurri melalui babak adu penalty melawan inggris menjadi sejara buat Italia dalam laga piala euro tahun 2020 dengan mengangkat tropy kemenangan.

Diwarnai kegagalan sejumlah eksekutor, babak adu penalti berakhir 3-2 untuk keunggulan tim besutan Roberto Mancini. Dua aksi heroik Jordan Pickford menggagalkan penalti dari Andrea Belotti dan Jorginho ternyata tak cukup.

Ini karena tiga eksekutor Inggris yaitu Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka juga mengalami kegagalan. Aksi kiper anyar Paris Saint Germain, Gianluigi Donnarrumma berhasil jadi pahlawan untuk negaranya.

Dengan hasil ini, Italia berhasil mengamankan Juara Euro 2020 setelah sebelumnya gagal di final Euro 2012 silam.

Laga Final Euro 2020 antara Italia vs Inggris di Stadion Wembley diteruskan ke babak tambahan waktu. Sebelumnya, Italia dan Inggris bermain imbang 1-1 pada 90 menit waktu normal.

Inggris terlebih dahulu unggul lewat Luke Shaw (2′) sebelum akhirnya disamakan oleh bek veteran Juventus, Leonardo Bonucci (67′). Di babak tambahan waktu, Italia tetap menjaga penguasaan bola yang dimiliki.

Upaya serangan pertama dari Azzurri masih harus terhenti akibat Federico Bernardeschi terperangkap dalam jebakan offside.

Seakan tak mau pasrah, Inggris membalas tekanan dari Italia dengan sebuah serangan cepat di menit ke-96. Raheem Sterling yang berhasil melewati beberapa pemain belakang Italia mengakhiri aksinya dengan sebuah umpan ke arah depan gawang lawan.

Namun usaha pemain Manchester City itu masih mampu digagalkan oleh bek Italia. Saling balas serangan terus berlangsung.  Andrea Belotti yang baru masuk di menit awal babak tambahan mencoba peruntungan dengan sebuah tendangan keras ke arah gawang,

Namun usaha pemain Torino itu masih mampu diblok oleh pertahanan The Three Lions.

tekanan Italia terus datang ke gawang Inggris. Emerson Palmieri melepaskan umpan ke arah gawang Inggris pada menit ke-103. Umpan membahayakan itu masih mampu digagalkan oleh kiper Jordan Pickford melalui aksinya.

Di menit ke-107, Bernardeschi kembali membahayakan gawang Inggris. Eksekusi tendangan bebas yang ia eksekusi dari depan kotak penalti hampir mampu memberikan keungguan bagi Azzurri.

Sayangnya, tendangan kerasnya masih mampu diblok oleh Jordan Pickford yang tampil kokoh di bawah mistar gawangnya. Inggris berbalik menyerang di menit ke-110.

Umpan pendek yang dilakukan oleh para pemain Inggris berhasil menembus lini belakang Italia. Namun upaya Sterling menggiring bola dan mencari kawannya masih mampu dihalau oleh bek Azzurri dengan mudah.

Di penghujung babak tambahan, Italia punya kesempatan untuk mencetak gol kemenangan lewat tendangan sudut.  Namun upaya tendangan sudut yang dieksekusi oleh Bernardeschi masih belum mampu disambar oleh pemain Italia lainnya di dalam kotak penalti Inggris.

Hingga 15 menit kedua babak tambahan waktu berakhir, tak ada gol yang tercipta. Penentuan juara Euro 2020 dilanjutkan ke babak adu penalti. (red)

  • sumber surya
  • foto bola

 

REDAKTUR

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting for http://sneeit.com