Danyon Brimob Parepare Pimpin Apel Bersama Dalam Rangka Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam

PAREPARE, timeberita.com- Dalam mengantisipasi Bencana alam yang kemungkinan bisa terjadi di Indonesia terutama di wilayah Sulawesi Selatan, Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Sulsel menggelar Apel Bersama Basarnas, Bpbd, Damkar dan Satpol PP kota Pare pare sebagai bentuk antisipasi Bencana alam, Jumat (07/10/2022).

Pada Apel bersama kali ini Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Sulsel menyiapkan 2 Tim Search And Rescue (SAR) dan pasukan lainnya terdiri dari berbagai macam unsur yang siap digerakkan apabila terjadi bencana. Unsur yang dimaksud meliputi Unsur Kesehatan, Pengamanan Terbuka, Pengamanan Tertutup, Fasilitas Pemeliharaan, Angkutan, Search and Resque (SAR), Pelayanan Personel serta Kesiapan Dapur Lapangan, sedangkan Basarnas, BPBD Kota Parepare, Damkar Kota Parepare, dan Satpol PP sendiri menyiapkan beberapa kendaraan taktis dan peralatan penanggulangan bencana beserta pasukannya.

Saat diwawancarai, Komandan Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Ramli mengatakan, bahwa kegiatan kita pada pagi hari ini, adalah gelar personel dan pengecekan peralatan SAR bersama potensi SAR yang ada di Kota Parepare dan sekitarnya menindak lanjuti perintah Pimpinan tertinggi Komandan Korps Brimob Polri kepada seluruh jajaran termasuk Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel, kemudian Komandan Satuan juga mengambil langkah yg sama dgn memerintahkan seluruh jajarannya termasuk Batalyon B Pelopor.

“Dengan selesainya Apel bersama ini dalam rangka penanggulan bencana, dapat saya nyatakan bahwa Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Sulsel bersama Basarna, Bpbd, Damkar dan Satpol PP siap kapan saja untuk berkolaborasi menangani membantu masyarakat yang terkena dampak bencana, yg kemungkinan bisa sj terjadi pada Ahir tahun 2022,”kata Komandan Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Sulsel.

Ramli menambahkan, bahwa dari aspek pencegahan penangan dan pasca bencana alam ini tentunya kami akan terus berupaya dan bekerjasama serta berkolaborasi dengan istansi lain seperti Basarnas, Bpbd, Damkar dan Satpol PP.

“Ini akan kami tindak lanjuti terus dalam kenyataan di lapangan dan tidak hanya seremonial tetapi kita implementasikan di lapangan dimana Batalyon B Pelopor berada di wilayah yang sering terjadi Longsor hingga Banjir. Oleh karena itu, kami terus membangun sinergi dengan potensi SAR yang ada seperti Basarnas, Bpbd, Damkar dan Satpol PP,”tutup Ramli. (**)