Bergerak Cepat Antisipasi Banjir, Pemkot Parepare Keruk Kantung Pasir di Titik Rawan

PAREPARE — Pemkot Parepare melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Parepare terus bergerak untuk mengantisipasi banjir atau luapan air memasuki musim penghujan. Sasarannya adalah titik-titik rawan banjir di pusat Kota Parepare.

Selasa, 6 September 2022, Tim Kebersihan DLH Parepare turun mengeruk kantung pasir di Jalan Mangga, Kelurahan Labukkang, Kecamatan Ujung, Parepare.

Abdul Salam Sulaiman, Tim DLH Parepare mengatakan, ada dua titik di Jalan Mangga yang dikeruk. Rencananya pengerukan akan berlanjut besok, Rabu, 7 September 2022, di titik rawan lainnya.

“Hari ini kita pengerukan kantung pasir di Jalan Mangga. Ini untuk mencegah terjadinya banjir atau luapan air pada musim hujan. Ada dua titik yang dikeruk di Jalan Mangga. Rencana besok di depan Pegadaian, Jalan Singa,” kata Salam di lokasi pengerukan.

Sebelumnya, DLH juga bergerak cepat setelah menerima informasi warga terkait sampah berserakan di badan jalan pasca turun hujan di Jalan Ahmad Yani, Km 2, Parepare.

Dalam waktu singkat, petugas kebersihan sudah membersihkan sampah di badan jalan, dan mengangkutnya ke armada truk sampah. Sekaligus petugas mengeruk kantung pasir saluran drainase di Km 2 itu, untuk mengantisipasi luapan air saat turun hujan.

Kepala DLH Parepare, Budi Rusdi berpesan kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungannya. Karena kebersihan adalah tanggung jawab bersama.

“Mari kita patuh dan taat membuang sampah pada tempatnya. Jaga ki sama-sama kebersihan lingkungan ta, apalagi masuk musim penghujan, semoga kita semua bisa terhindar dari banjir,” harap Budi Rusdi. (Adv)