Alhamdulillah, Eksekusi Dilakukan PA Parepare Berujung Damai

PAREPARE, timeberita.com- Pengadilan Agama (PA) kota Parepare kelas I B bersama tim polres Ops Parepare dan lurah Lapadde, turun melakukan eksekusi terhadap obyek sengketa perkara warisan antara H. Ambo Ake bin Daeng Mursalim sebagai Penggugat (Pemohon Eksekusi) melawan  Hj. Jumariah Camba dan Mardiah binti H. Daeng Mursalim sebagai Tergugat (Termohon Eksekusi), di perumahan BTN Pepabri Blok F/13, kelurahan Lapadde kecamatan Ujung,  kota Parepare, Selasa (9/3/2021).

Dalam eksekusi ini dilakukan PA Parepare berujung dengan damai perkara Nomor 268/Pdt.G/2013/PA. Pare tanggal 5 Maret 2014, yang dikuatkan oleh Putusan Banding Perkara Nomor 56/Pdt.G/2014/PTA. Mks tanggal 20 Juni 2014 serta Putusan Kasasi Perkara Nomor 675K/AG/2014/ tanggal 22 Desember 2014, lalu.

Pelaksanaan eksekusi tersebut dipimpin langsung oleh Panitera Pengadilan Agama Parepare Staramin, S. Ag., M.H didampingi  Kabag.Ops Polres Parepare KOMPOL H. Muhabar, S. Ag selaku Pihak Keamanan beserta para Lurah selaku pemerintah setempat dan tetap melaksanakan protokol kesehatan covid 19.

Panitera Pengadilan Agama Parepare Staramin, S. Ag., M.H. setelah membacakan Penetapan Eksekusi yang didalamnya termuat  tentang Pembagian masing-masing ahli waris dihadapan para pihak berperkara, Para Pihak menyatakan telah berdamai dan bersepakat untuk mengakhiri sengketa mereka yang tertuang dalam Surat Kesepakatan Perdamaian yang telah dibuat kemudian menyerahkan ke Panitera Pengadilan Agama Parepare, yang kemudian berkat koordinasi seluruh pihak terkait dalam mensukseskan eksekusi ini yang akhirnya Panitera Pengadilan Agama Parepare menyatakan pelaksanaan eksekusi ini berakhir dengan sukarela atau secara damai.

Setelah eksekusi tersebut dinyatakan damai Panitera kemudian menyampaikan kepada pihak untuk menyerahkan atau mengembalikan sertifikat dan surat berharga lainnya kepada masing-masing ahli waris sesuai dengan kesepakatan damai yang telah dibuat.

“jadi pelaksanaan putusan secara damai ini tentu menjadi bagian penting dari perjalanan proses peradilan di Pengadilan Agama Parepare karena para pihak masyarakat pencari keadilan ada yang sampai pada proses upaya hukum banding bahkan kasasi.”kata Staramin.

Secara terpisah, Ketua Pengadilan Agama Parepare Ruslan, S. Ag., SH., M.H. menyambut baik atas  Keberhasilan pelaksanaan putusan secara sukarela atau eksekusi berujung damai ini yang diharapkan dalam eksekusi ini.

Lanjut, Ruslan, menyatakan pelaksanaan eksekusi damai ini merupakan sebuah apresiasi kepada seluruh komponen di Pengadilan Agama Parepare karena terwujudnya eksekusi dengan aman dan damai ini tentu menjadi sebuah kepuasan, karena telah berhasil memberikan pelayanan hukum yang nyata kepada masyarakat untuk mendapatkan hak-haknya dengan mendapat rasa keadilan.

“Alhamdulillah, pelaksanaan eksekusi kali ini berjalan lancar antara Pemohon eksekusi dengan Termohon eksekusi terselesaikan dengan baik Setelah eksekusi damai dilaksanakan para pihak sesuai kesepakatan juga telah menyerahkan mana yang menjadi bagian pemohon eksekusi dan bahagian Termohon eksekusi dan saya ucapan pula kepada kepolisian polres Parepare, lurah lapadde, lurah bukit indah dan lurah Bukit harapan atas dukungannya kegiatan ini berjalan damai.”katanya. (smr)

Sudarmono

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting for http://sneeit.com