Unimen Launching Aplikasi Cyber Counseling “KonselorMU”

ENREKANG, timeberita.com — Kegiatan membumikan Bimbingan dan Konseling yang mengangkat tema Membaca Budaya-Menatap Era digital dibuka secara resmi oleh Rektor Unimen Dr. Cand. Yunus Busa, M.Si, Senin (27/12/2021) kemarin.

Pada kesempatan itu, Yunus Busa  menyampaikan, Kegiatan ini merupakan kegiatan Kolabor-AKSI dengan HIMA Prodi Bimbingan dan Konseling ini harus diapresiasi.

“Karena prodi BK telah menemukan pola untuk berkembang menjadi prodi yang diunggulkan di Universitas Muhammadiyah Enrekang,”katanya.

Dia berharap, kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan.

“Saya mengharap kegiatan seperti ini akan menjadi agenda tahunan. apalagi tema yang diangkat sangat menarik,”ujarnya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mahasiswa Unimen dan praktisi pendidikan (guru BK) di Massenrempulu dapat menambah wawasanya terkait keilmuan khusunya tentang budaya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa Tujuan  bahwa “dari kegiatan ini sebenarnya termuati

Selain itu, kegiatan ini merupakan semangat yang menggerakan untuk menghadirkan keilmuan Bimbingan dan Konseling di Bumi Massenrempulu.

Ditempat yang sama, Kaprodi Bimbingan dan Konseling Unimen Muhammad Junaedi Mahyuddin, S.Pd.,M.Pd menyampaikan, Keilmuan BK saat ini masih berada dilangit belum membumi, artinya masih berbicara konsep belum terimplementasi dengan baik.

Padahal zaman bergerak cepat. Makanya untuk memulai itu, baiknya dengan kenali kembali kebudayaan, karena saat ini keilmuan BK banyak mengacu pada ilmu dan konsep luar.

Setelah dirunut dan dieja kembali ternyata khusunya di Wilayah Massenrempulu sangat kaya dengan kebudayaan.

“Jika mampu diolah dan disinkronkan dengan kajian Bimbingan dan Konseling akan memberi nafas baru bagi peneliti ataupu praktisi pendidikan,”Ungkapnya.

Dia menambahkan, Aplikasi Cyber Counseling ini merupakan karya mahasiswi Prodi Bimbingan dan Konseling yang bernama Nur Aina angkatan 2019.

Karya KonselorMU ini adalah aplikasi yang nantinya dapat digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat yang ingin berkonsultasi dengan konselor yang berpengalaman di bidangnya.

“Pengguna hanya memilih menu yang telah deprogram dan akan membuat janji dengan  konselor,”jelasnya.

Sementara Aina menyebutkan, Aplikasi KonselorMU ini adalah aplikasi Cyber Counseling satu-satunya di Indonesia Timur.

Dia menambahkan, aplikasi ini sengaja dibuat untuk mendekatkan Konselor dengan masyarakat.

“Insya Allah setelah sekitar 3 sampai 6 bulan kedepan, kami akan tour ke sekolah untuk mensosialisasikan Aplikasi ini,”katanya.(El)

Sudarmono

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting for http://sneeit.com