Sekda Enrekang Ikuti Rakor Melalui Teleconference

ENREKANG, TIME BERITA.COM — Sekretaris Daerah Enrekang Drs H Baba mengikuti Rapat Koordinasi Kepala Daerah se-Indonesia, melalui video conference, di Rujab Bupati Enrekang, Kamis (27/08/2020).

Rapat koordinasi itu dipimpin Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) M Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M Tito Karnavian.

Hadir sebagai narasumber diantaranya Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata,Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Bahrullah Akbar, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman dan beberapa narasumber lainnya.

“Kita menyimak arahan dari pusat terkait mengenai langkah-langkah pemulihan ekonomi dan adaptasi kebiasaan baru ditengah Pandemi Covid-19,” jelas H Baba.

Selain itu, dibahas pula pelbagai dampak pandemi, kesiapan daerah jelang Pilkada, arahan kepada daerah yang masih zona merah, serta sinkronisasi pencegahan dan percepatan penanganan Covid-19.

Pemkab Enrekang, kata Sekda, berkomitmen melaksanakan arahan-arahan dari pusat tersebut. Terkait penanganan Covid-19 di Enrekang, pemerintah terus menggencarkan pelaksanaan langkah 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak) untuk masyarakat dan 3T (testing, tracing, dan treatment) untuk pemerintah.

Dalam pemaparannya Menkopolhukam Mahfud MD menyampaikan hal-hal yang harus dipersiapkan Pemda dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru (AKB). Ia juga meminta agar Pemda tidak takut dengan ancaman resesi.

“Kita tidak bisa memprediksi kapan Covid-19 ini berakhir. Jika kita tidak siap, maka masalah-masalah sosial pasti akan timbul,” tutur Menkopolhukam.

Pada kesempatan yang sama, Mendagri M. Tito Karnavian menekanan instruksi Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo agar pemimpin daerah yang dikoordinatori oleh gubernur dapat saling bersinergi dengan bupati dan walikotanya. “Segera bantu masyarakat yang terdampak pandemi, dan ajak agar taat melaksanakan protokol kesehatan,” ujar Tito.

Pemkab Enrekang bersama dengan daerah-daerah lainnya juga mendapatkan ucapan terimakasih dari Menkopolhukam, sebab telah bahu membahu bersama pemerintah pusat dalam upaya menangani pandemi. (*)

REDAKTUR

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting for http://sneeit.com