Rutan Pinrang Tingkatkan Pengamanan Selama Ramadhan

PINRANG, TIME BERITA, — Jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Pinrang merapatkan barisan jelang Ramadhan dan Idul Fitri 1440 Hijriyah. Sejumlah langkah strategis, komprehensif, dan terintegrasi pun diambil terkait peningkatan kewaspadaan dan pengamanan selama Ramadhan dan Idul Fitri di Rutan. Kamis (02/05).

Kepala Rutan Pinrang, Ali Imran, Hal ini merupakan langkah antisipasi dan pencegahan untuk meningkatkan kewaspadaan akan potensi gangguan keamanan dan ketertiban, mengingat kondisi Rutan yang sudah overkapasitas.

“Kita harus optimalkan personil petugas bantu jaga, menjadwalkan pelaksanaan penggeledahan rutin dan insidentil dan meningkatan frekuensi kontrol blok dan kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), serta mengawasi ekstra terhadap aktifitas WBP selama Bulan Ramadhan,”katanya.

Dia pun memberi perhatian terhadap jadwal maupun mekanisme besukan rutin, titipan makan buka puasa, Sahur dan besukan berbuka puasa bersama keluarga WBP.

“Sejauh ini jadwal dan piket petugas telah rampung sehingga sekarang, kita titik beratkan pada mekanisme agar semua petugas memiliki pemahaman yang sama saat pelaksanaannya dilapangan nanti,”jelasnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR), Rahman, melaporkan terkait jadwal kegiatan amaliah Ramadhan bagi WBP Rutan Pinrang yang telah rampung seperti buka puasa, tarwih, tadarus, makan sahur, ibadah wajib, dan pesantren kilat yang akan mengisi rangkaian kegiatan selama bulan Ramadhan.

Kontributor : Humas Rutan Pinrang

Ahmad Mile