Prodi BK Unimen Gelar Seminar dan Workshop Membumikan BK

ENREKANG, timeberita.com — Prodi BK mengadadakan Seminar dan Workshop BK Budaya Masenrempulu dan Sulsel.

kegiatan. itu menghadirkan 3 Akademisi Bimbingan dan Konseling kelahiran Massenrempulu, Selasa (28/12/2021) lalu.

Pemateri pertama Zulfikri, M.Pd (Alumnin UNM) membahas tentang Macccera Manurung dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling.

Pemateri kedua, Musdin Muzakkir, S.Pd alumni Unimen membawakan materi dengan judul Model bimbingan kelompok berbasis budaya Massenrempulu (Mattaratte) Untuk meningkatkan karakter siswa.

Sedangkan pemateri workshop M.Yunus Sudirman, M.Pd (Alumni UM Malang) membahas materi Pelatihan Bibliokonseling Bermuatan Nilai Etika Pappasang Bugis untuk meningkatkan kecakapan social.

Seminar dan Workshop ini dibuka oleh Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP Unimen) Ilham Assidiq, M.Pd.

Pada kesempatan itu, Ilham mengatakan, hari ini adalah hari yang sangat istimewa bagi FKIP Unimen dan Prodi Bimbingan dan Konseling.

“Acara yang sangat luar biasa, semua yang dibacarakan adalah Nilai-nilai budaya datangnya dari riset yang telah melalui proses keilmiahan yang telah diuji,”ujarnya.

Tak hanya itu, Kegiatan ini sangat relevan dengan Visi dan Misi FKIP yaitu Unggul, Edutech, Berwawasan global dan Islami.

Seminar dan Workshop ini merupakan rangkain kegiatan Membumikan Bimbingan dan Konseling yang mengangkat tema Membaca Budaya-Menatap Era Digital yang dibuka pada tanggal 27 Desember 2021.

Sementara, Kepala Program Studi Bimbingan Konseling Universitas Muhammadiyah Enrekang (Unimen) Muhammad Junaedi Mahyuddin mengatakan, Seminar dan Workhop ini didihadiri dari beberapa guru SMP dan SMA/SMK yang ada di Kabupaten Enrekang dan juga perwakilan osis dari sekolah SMP dan SMA/SMK dan tak lupa tentunya adalah mahasiswa Unimen Prodi Bimbingan dan Konseling.

“Salah satu peserta dari guru SMP mengatakan kepada kami bahwa kegiatan seperti ini baiknya sering-sering dilaksanakan karena kami sebagai guru Bimbingan dan Konseling di Enrekang ini selalu butuh pengetahun yang baru apalagi ini berkaitan dengan Bimbingan dan Konseling yang bermuatan dengan Budaya Massenrempulu. Semoga sesuai dengan tema yaitu ilmu BK membumi di Massenrempulu. Para peserta sangata antusias mengikuti kegiatan ini,”ungkapnya.

Lebih lanjut ditambahkannya juga bahwa Interaktif yang dapat dilihat dari pertanyaan yang diajukan saat pemaparan materi

“Sehingga dengan ini diharapkan seluruh peserta dapat memahami informasi yang disampailanis dan dapat mengaplikasikannya dalam Sekolah nanti.” Pungkasnya. (El)

Sudarmono

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting for http://sneeit.com