Pemkab Soppeng Menunggu Izin BKSDA Sulsel

SOPPENG, TIME BERITA.COM — Setelah ditutup selama beberapa bulan, tempat wisata di Kabupaten Soppeng kembali dibuka. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga, Drs. Muh. Arif Dimas, M.Si Ahad (14/06/2020).

Dibukanya obyek wisata dimulai sejak hari Sabtu (13/06/2020) kemarin, berdasarkan Surat Edaran Bupati Soppeng No: 556/197/Disparpora/III/2020 Tanggal 30 Maret 2020 tentang penutupan obyek wisata dan sarana olahraga di wilayah Kabupaten Soppeng, maka terhitung mulai tanggal 30 Maret 2020 semua obyek wisata dan sarana olahraga tertutup untuk umum.

Selanjutnya sebagai tindak lanjut Surat Edaran Bupati No: 556/229/Dsiparpora/VI/2020 tanggal 11 Juni 2020 tentang pembukaan kembali obyek wisata dan sarana olahraga untuk umum.

Namun pengunjung harus mematuhi prosedur protokol kesehatan Covid-19.

Muh Arif Dimas mengajak masyarakat yang ingin berkunjung ke obyek wisata dan sarana olahraga agar tetap mematuhi standar operasional prosuder (SOP) yang berlaku.

“Ya, sejak kemarin pagi kami sudah buka kembali, dengan menetapkan protokol kesehatan, mulai petugas, pengunjung dan pedagang kaki lima di area obyek,”jelasnya.

Menurutnya, Pengunjung diwajibkan memasuki bilik desintectan, diukur suhu badannya, memakai masker dan jaga jarak. Selain itu, Pengunjung juga dibatasi.

“Bayi dan balita serta ibu hamil diharapkan tidak memasuki area obyek sampai pada waktu memungkinkan,” ujar Arif Dimas.

Dia menyebutkan,obyek wisata alam Ompo dan wisata alam Citta telah disediakan cuci tangan, bilik disinfektan, handsanitizer serta para petugas obyek wisata diwajibkan menggunakan masker pada saat bertugas.

Pembukaan obyek wisata dan sarana olahraga ini juga tetap memperhatikan perkembangan situasi kedepannya.

“Jika memang tidak memungkinkan, maka akan dikaji kembali,”katanya.

Khusus untuk KWA Lejja masih menunggu surat izin resmi dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam provinsi Sulsel yang dikoordinasikan oleh PERUSDA Kabupaten Soppeng, selaku pengelolah obyek wisata Alam Lejja.

Terpisah Dirut Perusda Kabupaten Soppeng Muh Jufri yang dihubungi melalui Pesan WhatsApp mengatakan, pihaknya belum mendapatkan surat izin dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Sulsel.

“Saya sementara menunggu surat izin dari balai besar konservasi sumberdaya alam sulsel,”singkatnya.(Tono)

REDAKTUR

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting forĀ http://sneeit.com