Kecamatan Soppeng Riaja Gelar Deklarasi ODF

BARRU, TIME BERITA.COM — Kecamatan Soppeng Riaja menjadi wilayah terakhir dari deklarasi Open Defecation Free( ODF) dari tujuh kecamatan di Kabupaten Barru yang merealisasikan program stop buang air besar sembarangan( Stop BABS) yang menjadi program Pemkab Barru, Rabu (26/08/2020).

Deklarasi itu berlangsun di desa Paccekke, tepatnya dilokasi embung desa yang diakui secara nasional sebagai Inovasi Desa Terbaik Tingkat I Nasional oleh Kemendes PDTT pada 2019 lalu.

Inilah satu alasan sehingga Kecamatan Soppeng Riaja memilih lokasi ini sebagai tempat Deklarasi Open Defecation Free (ODF).

Deklarasi ini termasuk program Pemerintah Kabupaten Barru yakni gerakan mewujudkan rakyat sehat, rapih dan bersih, melalui gerakan stop buang air besar sembarangan (Stop BABS) di wilayah Kabupaten Barru.

Bupati Barru Suardi Saleh  sangat mengapresiasi semangat Pemerintah Kecamatan Soppeng Riaja yang telah mewujudkan ODF. Ia menyampaikan bahwa deklarasi sebagai pernyataan yang bukan sekedar ucapan tetapi sebuah komitmen mempertahankan capaian ODF ini.

“Saya berharap piala dan penghargaan yang telah diperoleh tidak membuat kita puas karena tujuan ODF sesungguhnya adalah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” ucap Suardi berpesan.

Sementara Ketua Forum Kabupaten Kota Sehat, Hj Hasnah Syam menyatakan pihak pemerintah setempat menjadi yang paling berperan mengupayakan setiap keluarga di Kabupaten Barru memiliki kesadaran dan membentuk kebiasaan yang lebih sehat.

Bukan hal yang mudah untuk membuat setiap rumah tangga memiliki sarana berupa jamban maupun mengubah persepsi rakyat dalam menjaga sendiri ‘kehormatannya’ di ruang terbuka.

Ketua Forum KKS Barru ini berhasil menggerakkan semua elemen masyarakat untuk menjadikan lingkungannya lebih sehat.

“Ini sudah bisa membuktikan kalau kita serius dan komitmen pasti bisa, setelah berhasil ODF diharapkan dapat berlanjut ke pilar STBM selanjutnya hingga mencapai Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (Desa STBM),” kata Hasnah Syam.

Ratusan warga Soppeng Riaja dan pejabat pemerintah daerah yang memenuhi sekitaran Embung Paccekke, Soppeng Riaja untuk menghadiri deklarasi stop BABS yang dihadiri Bupati Barru Suardi Saleh bersama istrinya Hj Hasnah Syam.

Ditambahkan Hasnah Syam yang juga anggota DPR RI Komisi IX yang membidangi Kesehatan, Ketenagakerjaan dan Kependudukan, sejak 2019 justru menjadi pendorong baginya untuk menuntaskan masalah dasar kesehatan ini dengan berkoordinasi dan terus mendorong agar setiap Kecamatan ODF di 2020.

“Terima kasih juga kepada Baznas (Barru) yang telah membantu pencapaian ODF ini di Kecamatan Soppeng Riaja,” tambahnya.

Camat Soppeng Riaja Charly R Fischer yang sebelum memimpin deklarasi menyampaikan secara terbuka ungkapan syukurnya gelaran deklarasi ODF ini dapat terlaksana atas kolaborasi sinergis semua pihak.

“Deklarasi ODF ini sebagai momen untuk masyarakat khususnya Desa Pacekke, melalui kebersamaan, kegotong-royongan, saling menghormati, menghargai, dan mencintai kebersihan dengan tidak melakukan buang air besar sembarangan,” urai Charly.

Selanjutnya, mewakili segenap hadirin, Camat Soppeng Riaja menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas dorongan serta dukungan Pemerintah Kabupaten Barru.

“Terima kasih kepada bapak Bupati dan Ketua Tim Penggerak PKK selaku ketua Forum Kabupaten dan Kota Sehat ,yang terus memberi dorongan kepada kami sehingga Deklarasi ODF ini dapat terselenggara,”pungkasnya( udi)

Sudarmono

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting for http://sneeit.com