Gempa Berkekuatan 5,2 Magnitudo Guncang Wilayah Aceh

JAKARTA, TIME BERITA.COM — Gempa bumi berkekuatan 5,2 magnitudo dirasakan warga di dua Kabupaten, Kamis (15/10/2020).

Getaran gempa itu terasa di wilayah Kabupaten Nagan Raya dan Aceh Barat. Hal itu sesuai laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah yanh diterima Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB.

Dr Raditya Jati Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB mengatakan, Masyarakat di dua kabupaten tersebut merasakan guncangan gempa yang berada pada 22 km barat daya Meulaboh dan 45 km barat daya Nagan Raya, Provinsi Aceh.

Berdasarkan pantauan di lapangan, gempa tidak menimbulkan kepanikan masyarakat.

Sementara laporan, Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa tersebut yang diukur dengan skala MMI untuk wilayah Aceh Barat Daya, Aceh Selatan dan Banda Aceh pada II MMI, Aceh Jaya III MMI dan Nagan Raya IV MMI. MMI atau Modified Mercalli Intensity merupakan satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi.

Parameter gempa mencatat gempa yang terjadi berada pada kedalaman 27 km.

Berdasarkan pemodelan, titik gempa yang berada di laut ini tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan analisis InaRISK, sebanyak 23 kabupaten dengan luas 2,7 juta hektar berada pada kawasan kategori rawan gempa.

“Populasi terpapar yang tersebar di kabupaten tersebut berjumlah 3,69 juta jiwa,”tutupnya.(Rls)

REDAKTUR

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting forĀ http://sneeit.com

Tinggalkan Balasan