DLH Bentuk Tim Penanganan Sampah Covid19

SALATIGA, timeberita.com — Warga yang menjalani isolasi mandiri karena terpapar covid19 mendapat perlakuan khusus dari tim yang dibentuk Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk pengelolaan sampahnya. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Salatiga Sulistyaningsih, Sabtu (12/06/2021).

Menurutnya tim ini dibentuk sebanyak empat orang petugas Dinas Lingkungan Hidup yang melakukan pengambilan sampah rumah bagi warga yang terpapar covid19.

Pihaknya menyediakan sejumlah drop box untuk mengumpulkan sampah di rumah masing-masing warga yang menjalani isolasi mandiri lantaran terpapar.

Selain itu, penanganan sampah medis COVID-19 yang ada di rumah singgah sementara (RSS). Terkait limbah masker dari masyarakat umum, DLH dan DKK Salatiga telah menyosialisasikan bagaimana cara memperlakukan masker bekas. Utamanya kepada pemulung yang ada di tempat pembuangan akhir sampah di Ngronggo.

“Tren sampah atau limbah COVID-19 di Salatiga mulai naik lagi. Dan biasanya, sampah masker oleh masyarakat dicampur dengan sampah domestik. Pemulung sudah diberi pemahaman penanganannya,” katanya.

Sementara itu di TPA Ngronggo, banyak pemulung yang tidak menggunakan masker. Selain tidak terbiasa, mereka berdalih jika menggunakan masker membuat sumpek. Susah bernafas.”Kalau ada masker, ya tidak diambil, ditinggal. Kita hanya mengambil yang bisa dijual atau bisa dimanfaatkan,” kata salah seorang pemulung Suliyem.(*)

Sudarmono

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting forĀ http://sneeit.com